15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

11.17.2009

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (1)

.

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (1)

Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, kebutuhan nutrisi kelinci seperti serat, protein, lemak, karbohidrat, serta zat -zat mineral dan juga vitamin wajib untuk dipenuhi setiap harinya. Kebutuhan nutrisi kelinci tidak sama untuk setiap ekornya...

Maksudnya adalah tentu saja kebutuhan nutrisi kelinci dewasa, hamil dan pasca melahirkan, serta kelinci yang sedang dalam pertumbuhan dan masa penyembuhan pasca sakit memilki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Semua kebutuhan nutrisi kelinci akan kami uraikan satu persatu, mulai dari serat hingga mineral dan vitamin.

Fibre (Serat)

Serat merupakan komponen terpenting dalam pakan kelinci. Kelinci membutuhkan serat baik serat kasar maupun serat yang lembut (mudah dicerna).
Fakta mengenai kebutuhan nurisi kelinci untuk serat bagi tubuh kelinci, yaitu :

1. Kelinci membutuhkan serat kasar lebih banyak untuk memudahkan dalam sistem pencernaan yang terjadi di usus (gastrointestinal system) dan untuk menjaga kesehatan organ usus. Karena pakan yang mengandung serat kasar menjaga keseimbangan bakteri yang ada di dalam usus kelinci (proses fermentasi)

2. Serat juga berguna untuk memudahkan pencernaan kelinci terutama dalam proses pembentukan feses caecotrophy, serta untuk mencegah obesitas.

3. Pemberian serat kasar dapat mengurangi kebosanan dan mencegah stress pada kelinci, karena pemberian rumput mampu menjaga perilaku kelinci seperti pada perilaku alaminya.

Kelinci membutuhkan sekitar 18-20% serat dan 10% darinya mengandung serat kasar. Kelinci yang mengkonsumsi serat lebih resisten terkena penyakit seperti mucoid entritis atau enterotoxaemia (kembung).

0 comments

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas