15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

1.29.2010

PENGAWETAN HIJAUAN PAKAN TERNAK (3)

.
9 komentar

PENGAWETAN HIJAUAN PAKAN TERNAK (3)
Metode basah ( SILASE )



Pengawetan hijauan pakan ternak sebelumnya sudah dibahas tentang maksud dilakuakn pengawetan serta bentuk pengawetan secara kering (Hay). Kali ini kami akan berbagi pengetahuan lagi tentang pengawetan secara basah. Tak heran muncul satu pertanyaan, “Seperti apa ya pengawetan secara basah itu?” pengawetan hijauan secara basah dalam bentuk segar disebut Silase.

Silase adalah hijauan yang sengaja disimpan dalam bentuk segar dengan kandungan air 60-70% dan disimpan pada suatu tempat yang dikenal dengan silo. Kriteria silo sebaiknya terlindung dari hujan, terlindung dari resapan air dari luar dan tidak mudah tergenang air.



Pada prinsipnya, pembuatan Silase yaitu pengawetan hijauan pakan ternak dalam keadaan anaerob dan suasana asam. Cara pembuatan silase pun tak sesulit yang kita bayangkan lho. Berikut Pradika rabbit berbagai langkah – langkah praktis pembuatan silase :

1. Layukan hijauan selama 4-5 jam, hindari kontak sinar matahari secara langsung (kadar air hijauan hingga 70%)
2. Potong hijauan ±8 cm agar mudah dipadatkan dalam silo.
3. Berikan bahan pengawet agar pH dapat turun sehingga proses pengawetan segera terjadi. Misalnya bisa diberikan mollase,menir atau tepung jagung,dll.
4. Lalu sususn hijauan tersebut dan bahan pengawet dalam silo.
5. Agar kondisi benar-benar anaerob, maka lakukan pemadatan.
6. Tutup silo rapat – rapat, setelah 3-4 bulan maka Silase telah matang dan dapat diberikan untuk pakan.


Kualitas Silase yang dihasilkan tergantung dari hijauan yang digunakan yakni jenis hijauan,umur dan perlakuan. Juga berdasarkan dari teknik pembuatan dan aktivitas mikroorganisme.

readmore »»

1.27.2010

TOILET TRAINING PADA KELINCI

.
11 komentar

TOILET TRAINING PADA KELINCI



Disamping kita memperhatikan asupan nutrisi dan kebutuhan kelinci seperti perhatian dan kasih sayang, kebersihan kelinci juga merupakan hal yang sangat penting dan bahkan paling utama. Kebersihan tidak hanya menjamin kesehatan kelinci namun juga kita sebagai pemilik. Kelinci seperti yang kita ketahui sangat senang sekali makan, so pasti 'pengeluaran'nya juga banyak. Bagi anda yang memelihara kelinci dengan tanpa kandang atau di dalam rumah, Pradika Rabbit memiliki tips yang mungkin bisa membantu permasalahah kotaoran kelinci dan mengatasinya.


Sebelum memulai melakukan tips kami, mari kita persiapkan peralatan yang dibutuhkan.:

1. Kotak Kotoran, lebih baik berbahan dasar plastik dan ukuran sesuai dengan kelinci.


Kotak kotoran kelinci (kiri), Jika tersedia gunakan kotak kotoran yang memiliki penyaring,
karena lebih mudah membersihkannya (kanan)

2. Pasir atau Serbuk Kayu, gunakan bahan yang mampu menyerap air,mengingat urin kelinci berbau menyengat. (pasir dapat menggunakan pasir untuk hamster atau kucing).


Zeolit (pasir untuk kucing) dan Serbuk Kayu


Setelah memiliki peralatan yang dibutuhkan, persiapkan mental dan pikiran serta tenaga anda, karena pelatihan toilet training pada kelinci membutuhkan ketelatenan dan kekonsitenan. Adapun langkah - langkahnya yaitu :
  1. Batasi ruang gerak kelinci anda, bisa dimasukkan kandang atau diberi pembatas kira - kira2 1 x 1 meter tergantung jenis kelinci anda.
  2. Biarkan kelinci anda di ruang terbatas tersebut sampai membuang kotoran atau urinnya.
  3. Bersihkan bekas kotoran kelinci dengan larutan cuka, dan letakkan kotak kotoran yang telah disiapkan (mungkin kelinci anda tidak langsung membuang kotoran di kotak, namun bersabarlah karena kita baru memulai).
  4. Jika kelinci anda membuang kotoran di lokasi lain maka cobalah bersabar sampai ia benar - benar membuang kotoran di tempat yang sama, setelah itu letakkan kotak kotorannya.
  5. Setelah kelinci membuang ditempat yang telah kita siapkan, beri kelinci kita ruang gerak yang lebih luas.
  6. Tetap perhatikan kelinci anda, jika kelinci mulai ada tanda - tanda untuk membuang kotorannya (biasanya kelinci mengangkat ekornya) segera gendong dan masukkan kelinci di kotak yang telah disediakan (butuh banyak perulangan).
  7. Setelah dirasa kelinci mampu untuk membuang kotorannya dengan tepat, berikan dia hadiah setiap kali ia mampu melakukan tugasnya dengan benar, hadiah bisa berupa makanan kesukaan atau mainan kesukaannya.
  8. Setelah kita yakin kelinci kesayangan kita mampu untuk membuang kotorannya pada tempatnya perlebar lagi ruang gerak kelinci anda,demikian seterusnya*.
*Anda dapat menempatkan kotak kotoran kelinci lebih dari satu jika ruangan anda luas, letakkan pada tempat - tempat biasanya ia membuang kotorannya, misal dipojok ruangan, samping lemari,dll.
*Agar kelinci anda tidak membuang kotorannya sembarangan, bersihkan bekas kotoran kelinci dengan larutan cuka.

readmore »»

1.20.2010

BERTEMAN DENGAN KELINCI

.
0 komentar

BERTEMAN DENGAN KELINCI

Kelinci bisa diajak berteman? Yang benar?Serius?
Ucapan - ucapan pasti diatas langsung terucap begitu membaca judul posting ini.. Well, memang selama ini kita menganggap kelinci merupakan hewan peliharaan yang harus selalu ditaruh dikandang ataupun dibiarkan saja di halaman rumah kita dan hanya kita lihat saja tingkah polahnya dari jarak jauh.

Bagaimana ya supaya kelinci kesayangan kita bisa dekat dengan kita?



Si Boi Mengintip Kandang Temannya

Perlu anda ketahui sebelumnya, kelinci merupakan pet yang sangat ekspresif. Ketika mereka bahagia dan bersemangat, mereka akan berlarian kesana kemari, meloncat, berputar. Ketika mereka lapar mereka akan memanggil kita dengan melempar - lempar tempat makan atau menggaruk - garuk dipintu kandang. Ketika mereka butuh perhatian mereka akan mendekati kita, berputar - putar di kaki kita sampai kita memberi perhatian yang mereka inginkan.

Kita hanya perlu memahami bahasa kelinci. Hal ini sangat membantu kita untuk memahami kelinci kesayangan kita. Meskipun gampang - gampang susah, namun hal tersebut juga memberikan keuntungan bagi kita. Kuncinya hanya satu, observasilah perilaku kelinci anda dan pahami maksud kelinci anda.

Jika ada kejadian ketika kita mendekati kelinci kita dan kelinci langsung menghindar atau lari menjauh itu bukanlah hal yang buruk. Mereka cuma belum dekat mengenal anda. Sifat kelinci ialah penuh rasa ingin tahu, maka biarkan mereka yang mendekati kita. Baru setelah itu mulai perlahan belai kelinci anda dan seterusnya. Jika itu belum berhasil, tunggulah hingga waktu makan. Kelinci yang lapar pasti mencari sang empunya. So, disaat mereka sedang lapar, berikan makanan mereka disamping kita duduk.

Perlu diingat, setiap kelinci memiliki karakteristik sifat yang berbeda - beda. Dengan berjalannya waktu dan ketelatenan pemilik, maka anda akan mengetahui apa yang membuat kelinci anda senang dan sebaliknya kelinci anda juga akan memahami dan merasa aman di dekat anda.

Selamat Mencoba..

readmore »»

1.19.2010

MEMBERI NAMA KELINCI KESAYANGAN

.
3 komentar

MEMBERI NAMA KELINCI KESAYANGAN

Siapa bilang bahwa kelinci tidak dapat dipanggil sesuai dengan nama yang kita berikan? Oh, tentu saja bisa. Pastinya kita semakin sayang dengan kelinci peliharaan kita jika saat kita memanggil dia akan datang menghampiri kita dengan polahnya yang lucu. Penasaran?





Ini bermula dari teori psikologi behavioristik, apa itu?
Wah semakin panjang kalau dijelaskan, coba anda cari literatur di internet karena sudah banyak yang menjelaskannya. Oke, kita lanjut ke step berikutnya yaitu teori dari Ivan Pavlov, klasikal kondisioning. Intinya ada stimulus response, unconditional response,dll. Semakin bingung?
Siip, daripada bingung dan membanting keyboard, mari kita baca panduan memberi nama kelinci kesayangan* berikut :

1. Pikirkan nama yang tepat untuk kelinci kesayangan kita
2. Setelah menemukan nama yang tepat panggil kelinci anda dengan nama tersebut dari jauh dan semakin mendekat, sekiranya cukup dekat belai kelinci tersebut dengan tetap memanggil namanya.
3. Saat pemberian makan, untuk pertama kali biarkan jadwal pemberian makan kelinci anda sedikit terlambat (kurang lebih 1 jam), setelah itu dekati kelinci anda dan panggil namanya lalu memberikan sedikit demi sedikit makanan kesukaannya sambil tetap memangil namanya
4. Lakukan step 3 dengan berulang kali sampai kelinci anda memberikan respon yang cepat (menoleh atau mendekati) saat anda memanggil namanya.
5. Setelah melewati step 3 dan 4 yang lumayan melelahkan, mungkin kelinci anda sudah dapat merespon panggilan anda tanpa diberi makan. Kalau itu terjadi, segera membungkuk, gendong dan belai kelinci anda dengan lembut.
6. Selamat anda berhasil!!

*Perlu diingat panduan ini akan berhasil jika anda konsisten secara terus menerus terutama dalam melakukan step 3 dan 4.
*Usahakan dilakukan yang tidak terlalu bising atau gaduh agar kelinci anda lebih fokus mendengar suara anda

readmore »»

1.16.2010

KELINCI BUKAN MESIN UANG

.
4 komentar

KELINCI BUKAN MESIN UANG



Kelinci Membutuhkan Kasih Sayang dan Perhatian dari Pemiliknya

Fenomena belakangan ini yang sedang marak ialah munculnya peternakan - peternakan kelinci yang begitu banyak, entah karena sedang mengikuti tren atau memang mereka suka dengan kelinci. Hal tersebut memang baik dan positif, yang menjadi perhatian kami ialah bagaimanakah mereka memberi perhatian dan kasih sayang mereka kepada kelinci mereka? Sedangkan mereka memiliki puluhan bahkan ratusan ekor kelinci dalam peternakannya?

Kelinci hias, apapun itu jenisnya memiliki perasaan yang sama dengan hewan peliharaan lainnya. Kelinci suka untuk dibelai, kelinci suka untuk digendong, diajak berbicara dan diberi kesempatan untuk bermain serta berlarian di luar kandang. Namun, sangat disayangkan karena kita sering mengejar keuntungan belaka sampai melupakan kebutuhan kelinci yang satu ini.


Lihat Betapa Lucunya Dia

Kami pernah mengunjungi sebuah peternakan kelinci, disana ada hal yang membuat kami terenyuh. Bagaimana mungkin kelinci yang berusia muda dan belum siap secara fisik dan fungsi reproduksinya dipaksa untuk kawin, baik itu kawin sodor maupun sebagainya? Bukankah itu menyiksa namanya? Belum lagi yang memisahkan induk dengan anaknya yang baru lahir untuk disusukan oleh induk asuh hanya untuk mengejar kelahiran yang banyak. Padahal air susu induk kelinci yang baru melahirkan mengandung kolostrum yaitu zat imun yang berguna untuk menjaga kesehatan bayinya. Adapula yang menjual kelinci yang belum genap berusia sapih (<2 bulan) yang hal tersebut beresiko terhadap kematian kelinci. Hmm.. bagaimana mereka tega? Kelinci juga makhluk hidup yang tidak dilahirkan untuk mati begitu saja.

Coba bandingkan dengan orang - orang yang membeli kelinci koleksi kita, meskipun hanya memiliki satu dua ekor kelinci. Mereka sangat perhatian dan sayang terhadap kelinci mereka. Begitu kelinci mereka sakit mereka berusaha mencari informasi tentang penyakit yang diderita oleh kelinci mereka dan berusaha untuk menyembuhkannya. Mereka juga merasa sedih jika kelinci kesayangan mereka sakit dan kemudian mati. Mereka sebenarnya bukan buta masalah kesehatan kelinci hanya saja mereka tidak mengetahui ilmunya. Mengapa kita tidak berbagi ilmu dengan mereka?

Kami, Pradika Rabbit hanya menghimbau bahwa kelinci meskipun memiliki banyak potensi, tidak selayaknya kelinci koleksi kita hanya sebatas diberi makan dan minum saja. Namun cobalah untuk memberi perlakuan yang pantas untuknya, beri perhatian lebih kepadanya sebagai tanda terima kasih karena telah membantu kita untuk mendapatkan potensi itu.

Maju Perkelincian Indonesia...

readmore »»

1.11.2010

PENGAWETAN HIJAUAN PAKAN TERNAK (2)

.
3 komentar

PENGAWETAN HIJAUAN PAKAN TERNAK (2)
Metode Kering (HAY)


Pengawetan hijauan pakan ternak terbagi atas dua metode yakni secara kering dan secara basah. Pengawetan hijauan pakan ternak secara kering dengan menggunakan metode Hay. Hay merupakan hijauan pakan ternak yang sengaja dipotong dan dikeringkan dengan tujuan agar dapat diberikan pada ternak di waktu lain. Pembuatan hay paling tepat yakni pada saat kandungan nutriennya maksimal yaitu saat menjelang berbunga.


Pada pembuatan Hay, prinsip yang digunakan yakni menurunkan kadar air dari hijauan pakan ternak hingga menjadi 15 – 20%. Proses pembuatan hay dengan cara menguapkan hijauan pakan ternak, proses ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan sinar matahari, panas buatan dan aliran udara.

Nah,lalu bagaimana ciri-ciri Hay yang baik itu? Hay yang berkualitas baik berwarna hijau kekuningan, daunnya tidak banyak yang rusak, jika diremas tidak mudah patah dan sedikit terdapat pencemaran kotoran.

readmore »»

1.09.2010

PENGAWETAN HIJAUAN PAKAN TERNAK (1)

.
2 komentar

PENGAWETAN HIJAUAN PAKAN TERNAK (1)


Sebagai seorang penyayang kelinci termasuk peternak tentu saja sangat memperhatikan kebutuhan kelinci, salah satunya yaitu pakan kelinci. Hijauan merupakan makanan lezat untuk kelinci, tetapi tidak mudah mendapatkannya setiap saat. Ketersediaan hijauan yang continue dan bergizi tinggi adalah dambaan semua pemilik kelinci.

Hijauan pakan ternak produksinya bersifat kumulatif. Melimpahnya produksi hijauan pada musim hujan dan minimnya produksi pada musim kemarau (paceklik) merupakan masalah yang harus kita pecahkan. Alternatif cara untuk mendapatkannya tiap waktu dan menghindari kekurangan pakan yaitu :
• Membeli hijauan tambahan dari luar wilayah peternakan.
• Mengurangi jumlah ternak yang dipelihara pada musim paceklik hijauan.
• Mengawetkan hijauan berlebih pada musim hujan untuk dipergunakan pada musism paceklik.
• Memiliki area untuk tempat pertumbuhan hijauan yang diinginkan dalam arti sengaja menanami jenis hijauan tertentu.
• Menjaga kesuburan tanah semaksimal mungkin untuk meningkatkan puncak produksi.
• Memanfaatkan dan mengawetkan hasil limbah pertanian.

readmore »»

1.07.2010

VITAMIN HERBAL KELINCI

.
10 komentar

VITAMIN HERBAL KELINCI

TEMULAWAK
Tidak perlu diragukan khasiat temulawak sebagai obat – obatan tradisional Indonesia. Temulawak ialah tanaman obat yang memiliki khasiat pada bagian rimpangnya (akar). Bagian yang disebut rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat memperbaiki sistem pencernaan, menambah nafsu makan dan meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi (peradangan).



GULA JAWA/MERAH
Dalam 100g gula merah mengandung, Air, 1.6 g, Energi, 376 kcal,Energi, 1573 kj, Karbohidrat, 97.3 g, Kalsium 85 mg, Besi 1.91 mg, Magnesium 29 mg, Phospor 22 mg, Seng, Zn, 0.18 mg, Tembaga, Cu, 0.298 mg.


Gula Jawa secara ilmiah telah dibuktikan bermanfaat untuk menurunkan stress (anti depresan) pada hewan ternak, mengembalikan nafsu makan, dan menjaga kesehatan ternak (kelinci)




Next...
Memanfaatkan temulawak dan gula jawa sebagai suplemen alami kelinci

readmore »»

1.04.2010

PERKEMBANGAN KELINCI PADA USIA 150 HARI PERTAMA

.
0 komentar

PERKEMBANGAN KELINCI PADA USIA 150 HARI PERTAMA



Ada beberapa tahap perkembangan yang akan dilalui oleh bayi kelinci dimana jika tahap awal belum tercapai maka tahap berikutnya juga tidak akan tercapai sehingga bila hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan gangguan dan kelak mempengaruhi perkembangan berikutnya.


Berikut alur perkembangan kelinci pada usia 150 hari pertama :

• Hari ke-7 : Bulu mulai tumbuh
• Hari ke-10 : Mata mulai terbuka
• Hari ke-12 : Telinga mulai berfungsi
• Hari ke-18 : Sudah mampu meloncati kotak (sarang) dan mulai makan makanan padat
• Hari ke-60 : Sudah berhenti menyusu dan mandiri
• Hari ke-150 : Matang secara seksual

Kelinci sangat – sangat bergantung pada air susu induknya terutama pada usia 10 hari pertamanya. Mereka mulai makan makanan padat pada usia sekitar 3 minggu. So, jangan sampai kita memisahkan anak kelinci dengan induknya sebelum usia 60 hari. Karena masih berisiko bagi anak kelinci untuk rentan terhadap penyakit dan bisa meningkatkan angka kematian kelinci.

readmore »»
 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas