15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

4.27.2010

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (6)

.
0 komentar

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (6)
Mendorong dan Melempar
Kelinci di alam liar menggunakan kepala dan lehernya untuk memindahkan barang atau membuka jalan di dalam semak dan membawa makanan atau rerumputan kering untuk membuat sarang dan sebagainya. Kelinci yang hidup di alam liar dituntut untuk memaksimalkan semua potensi yang ada dalam dirinya untuk bertahan hidup dan mencari makanan.

Berbeda dengan kelinci yang kita pelihara di dalam maupun di luar rumah. Mereka cenderung manja dan suka sekali diperhatikan. Perilaku ini juga dapat menandakan bahwa kelinci kita sedang stress atau frustasi karen aterlalu lama di dalam kandang atau hanya sekedar meminta jatah bermainnya. Dengan badan dan ukuran kepala yang hanya"sebesar" itu kelinci mampu mengangkat beban melebihi bobotnya sendiri. dan melemparnya jauh - jauh.

readmore »»

4.25.2010

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (5)

.
0 komentar

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (5)


Rabbit Dance, "Binky Bunny"

Inilah salah satu tingkah kelinci yang sangat unik dan menggemaskan. Dia berlari dengan cepat sambil menatap kita lalu menggoyangkan badannya seakan - akan ia menari di udara dan menunjukkan pada kita tariannya. Salah satu kelinci kami sering melakukan hal tersebut bahkan bersama - sama dengan temannya. Perilaku ini sangat menghibur dan menyenangkan untuk dilihat. Sebenarnya apa sih maksud tingkahnya ini?


Kembali saya ulas sedikit, kelinci yang telah lama kita pelihara dan sering berinteraksi akan membentuk sebuah kelekatan pada diri kita dan menganggap kita sebagai teman dan apapun itu yang menyenangkan buat kelinci kita. Selain itu kelinci sangat suka untuk diperhatikan dan diberi apresiasi (penghargaan,ucapan selamat). Nah, perilaku inilah yang menunjukkan bahwa dia sangat senang dan gembira. Dia juga ingin memamerkan kehebatannya dalam melompat kepada kita. Jika kelinci anda berada di dalam kandang, cobalah sesekali mengeluarkannya dari kandang, lihatlah betapa senangnya mereka melompat dan menari seakan mereka berterima kasih kepada kita karena memberi waktu untuk padanya melakukan hal yang disukainya.

readmore »»

4.22.2010

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (4)

.
0 komentar

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (4)


Lari dan Melompat

Kelinci yang sehat adalah kelinci yang aktif dan suka berlarian juga melompat. Kelinci dapat berlari hingga 40km/jam untuk jarak pendek, dan melompat sejauh 10 kaki atau 3 meter.Terkadang kelinci anda akan tiba-tiba melompat langsung ke udara dari posisi berjongkok. Kelinci merupakan hewan yang sangat unik,ia sangat ingin kita memperhatikan lompatannya. Bahkan melompat dalam berbagai gaya hanya untuk mendapat perhatian dari kita.

Kelinci adalah pelari yang handal. Di alam liar mereka terbiasa berlari untuk menghindar dari bahaya, untuk mendirikan atau mempertahankan tempat mereka di tatanan bahaya, dan kadang-kadang mereka melakukan itu untuk bersenang - senang. Di dalam rumah,kelinci anada sangat suka untuk berlari kencang menyusuri lorong atau berputar-putar di salah satu ruangan di rumah anda. Beberapa kelinci suka membuat permainan yang sangat unik dan lucu. Pertama mereka mengejar Anda, lalu meminta anda untuk bergantian mengejarnya. Namun tidak semua kelinci suka jika Anda bergabung dalam permainannya. Coba perlahan-lahan pada awalnya anda melihat bagaimana kelinci bereaksi. Jika Anda mengejarnya dan membuat dia takut atau tidak nyaman, jangan lantas diteruskan namun beri batasan jarak, atau cukup hanya mengagumi kecepatannya saat berlarian di rumah Anda. Kelinci suka dipuji dan dikagumi. Salah satu trik kelinci yang unik adalah berlari dengan kecepatan penuh lalu secara tiba-tiba melompat ke udara, dan berbelok 180 derajat, dan dengan cepat berlari kembali ke arah awal mereka berlari. Ini merupakan salah satu trik kelinci yang efektif untuk melarikan diri dari predator di alam liar.

Jangan kita samakan antara berlari dengan senang dan dengan panik/ketakutan. Kelinci yang sangat takut akan berlari tak tentu arah baik di luar atau di dalam kandang bahkan akan menabrak perabotan di rumah anda dan tembok rumah anda (jika di luar kandang). Kelinci yang ketakutan atau panik sangat rentan mendapat cedera, dan penting untuk membuat mereka untuk berhenti. Cobalah untuk memanggil namanya secara halus dan manja untuk menenangkannya. Segera cari tahu sumber ketakukan kelinci anda dan kemudian jauhkan itu darinya. Jika kelinci berada dalam kandang, segera selimuti kandang dengan kain hitam dan menenangkannya dengan memanggil namanya secara halus dan manja untuk menenangkannya.

readmore »»

4.15.2010

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (3)

.
4 komentar

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (3)

Chinning
Setelah mengetahui salah satu sifat kelinci yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, masih ada banyak lagi perilaku – perilaku kelinci yang sering membuat kita bingung (kadang juga menggemaskan). Dalam posting ini kami akan menjelaskan perilaku kelinci yang unik dan lucu yaitu Chinning. Apakah itu Chinning? Chinning adalah perilaku kelinci menggosok – gosokkan dagunya pada sesuatu (barang) asing yang baru mereka temui. Apa ya maksud dibalik perilaku tersebut?


Chinning adalah salah satu bentuk perilaku kelinci untuk menandai wilayah teritorial mereka. Kelinci sangat menjaga daerah teritorialnya dan perilaku ini juga menandakan bahwa siapa yang berkuasa atas wilayah tersebut. Jika dalam alam liar, kelinci yang dominan dalam lingkungan teritorial tersebut berhak atas makanan dan tempat berlindung (liang) terbaik, sedangkan minoritas harus menerima apa yang dilakukan oleh kaum dominan (mereka bahkan bisa kelaparan).

Jika di dalam rumah, mereka biasanya menandai atau Chinning pada perabot – perabot rumah anda, tempat makanan, minum, kandang bahkan anda. Perilaku ini berlaku untuk kedua jenis kelamin. Dengan menandai wilayah mereka dengan chinning, kelinci akan lebih merasa nyaman dan aman tinggal di rumah anda. Berbeda dengan spraying (perilaku kelinci yang menyemprotkan urine pada lingkungan sekitar), chinning tidak meninggalkan noda dan bau yang mengganggu kita, hanya kelinci saja yang dapat merasakan bau tersebut.

readmore »»

4.12.2010

LIPUTAN FOTO PEDULI SATWA III KONTES KELINCI PERTAMA DI SURABAYA

.
0 komentar

LIPUTAN FOTO PEDULI SATWA III KONTES KELINCI PERTAMA DI SURABAYA

Alhamdulillah, acara PEDULI SATWA III berjalan sukses dan lancar, selamat kepada para pemenang dan semoga dana hasil acara PEDULI SATWA III mampu membantu saudara - saudara kita yang membutuhkan :)









readmore »»

4.08.2010

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (2)

.
2 komentar

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (2)

Sifat Ingin Tahu Kelinci



Kelinci merupakan hewan yang memiliki sifat ingin tahu, sangat aktif dan bukan merupakan pemalas seperti kucing persia yang kerjaannya cuma tidur 8 jam lebih setiap harinya. Merupakan sifat alamiah mereka untuk mengetahui daerah sekitar lingkungan hidup mereka. Perlu kita ingat bahwa kelinci di alam liar merupakan hewan yang dimangsa. Sehingga tidak heran kalau kita berburu kelinci di alam liar sangat susah karena dia sudah sangat hafal dan paham daerah lingkungan sekitar hidupnya.

Seperti halnya kelinci yang baru saja kita adopsi, begitu dia merasa nyaman dengan rumah kita, dia tidak akan segan untuk memutari dan berjalan - jalan ke setiap sudut rumah kita hanya untuk memuaskan naluri alaminya. Kelinci kita akan mengobservasi apa saja yang ada di rumah kita dan hal - hal yang berbahaya untuk dirinya serta tempat yang aman untuk bersembunyi.



Salah satu tingkah laku yang paling menggemaskan dari kelinci adalah ketika mereka berdiri di atas kaki belakang mereka, kaki depan menggantung ke bawah, dan waspada, dan melihat-lihat. kelinci itu melakukan pemindaian, memeriksa semuanya. Kelinci memiliki luas pandangan mata sekitar 190 derajat, dan mata mereka cepat mendeteksi gerakan apapun, meskipun karena penempatan mata mereka, mereka tidak melihat baik secara langsung di depan hidung mereka. Kita mungkin pernah melihat kelinci kita menggigit makanan dan kemudian berdiri di atas kaki belakang mereka dan melihat sekeliling sementara mereka mengunyahnya, menoleh ke berbagai arah untuk mendapatkan memastikan bahwa benar - benar aman dari bahaya.Perilaku tersebut mungkin dapat anda temui pada kelinci liar yang hidup di alam bebas.

Kelinci memiliki ketertarikan dengan sesuatu yang baru di lingkungannya, tapi mereka tidak terlalu takut dan bahkan akan mendekatinya perlahan-lahan. Kelinci akan meregangkan leher mereka dan telinga terangkat tegak kepala, serta hidung mereka menggendus dengan cepat sama halnya dengan kelinci Lop (bertelinga jatuh, tetapi telinga mereka akan mengayun sedikit ke depan, tergantung pada seberapa besar keingintahuan mereka. Kerennya, setiap hal baru di rumah akan membuat kelinci menjadi semakin ingin tahu.

readmore »»

4.05.2010

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (1)

.
2 komentar

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (1)


Jika kita pindah ke tempat yang baru dengan daerah yang masih asing maka hal pertama yang kita lakukan adalah mengenali daerah sekitar kita dan berkenalan dengan tetangga. Sama halnya pada kelinci yang baru kita adopsi. Dia akan melakukan kegiatan perkenalan dengan lingkungan baru, majikan baru dan secara perlahan dia akan merasa nyaman dan aman tinggal di rumah anda. Oleh karena itu sering kita menemukan kelinci kita stress pada saat pertama pindah ke rumah kita hingga beberapa hari.


Kelinci yang telah mengenal kita dan lingkungannya akan mulai menunjukkan sifat - sifat aslinya. Anda akan mulai melihat perilaku yang menyenangkan dan menghibur (dan beberapa yang akan menyakiti hati Anda). Jangan berharap bahwa kelinci anda tiba-tiba akan berubah menjadi luar biasa manis dan hewan peliharaan yang suka diemong, manja pada Anda.

Tingkah laku kelinci sebagian terbentuk dan bergantung pada seberapa lama anda mengadopsi kelinci. Kelinci yang baru saja kita adopsi lebih aktif dan usil daripada yang lebih lama. Namun, Itu juga tergantung pada sifat - sifat dasar (kepribadian) kelinci anda. Kelinci memiliki kepribadian yang bervariasi sebanyak manusia, kucing, anjing, atau burung. Sebagai contoh Anda memiliki dua kelinci dengan jenis kelamin yang sama dan usia serta induk yang sama , anda akan menemukan sifat yang berbeda. Satu mungkin menjadi pemberani, petualang sedangkan yang lain mungkin ingin dipeluk dan duduk.

readmore »»
 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas