15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

12.31.2011

HAPPY NEW YEAR 2012 !!!

.
0 komentar

HAPPY NEW YEAR 2012 !!!
KILAS BALIK PRADIKA RABBIT DI TAHUN 2011

Semoga dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk dapat berkarya lebih baik ^.^

            Pradika Rabbit - Menyambut tahun baru 2012 tak akan luput dari ingatan kami mengenai segala aktivitas di tahun 2011. Tentu saja semua itu tak lepas dari aktivitas yang berhubungan dengan kecintaan kami terhadap kelinci. Kali ini kami akan mengulas mengenai “Kilas Balik Pradika Rabbit di tahun 2011. Semoga dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk dapat berkarya lebih baik.



           Tahun 2011 merupakan tahun yang penuh kenangan. Hal tersebut dikarenakan di tahun tersebut juga merupakan tahun kelinci. Bahkan sampai hebohnya kami diundang dalam acara Jawa Pos For Her demi menyambut “Tahun Kelinci Emas” di East Coast, Pakuwon City pada tanggal 6 Februari 2011. Tidak sampai disitu saja di “Tahun Kelinci Emas” kami diliput oleh stasiun TV JTV dalam program Becak (Berita Kocak) mengenai hobi memelihara kelinci dan hoki di tahun kelinci. Serunya lagi setelah itu kelinci semakin digemari oleh masyarakat di Surabaya dan sekitarnya hingga kami kembali mengisi liputan hewan kesayangan di Jawa Pos For Her tanggal 6 April 2011. Selain itu Arek TV juga melakukan liputan Softnews di Rabbitry kami. Kemudian di tengah tangun 2011, kami melakukan renovasi Rabbitry kami kembali dengan inovasi fasilitas demi meningkatkan kenyamanan kelinci. Semua tidak lepas dari keinginan kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi kelinci kami. Bagi kami, kelinci merupakan anggota keluarga yang perlu mendapatkan kasih sayang dan perhatian. Mungkin upaya kami untuk memberikan yang terbaik bagi kelinci masih jauh dari kata sempurna. Namun dengan kerja keras dan doa semua akan dapat terwujud pada saatnya nanti.



            Hubungan kerja sama antara kami dengan instansi pemerintah pun terjalin dengan baik. Setelah sebelumnya pada tahun 2010 kami bekerja sama dengan Dinas Peternakan Provinsi Jatim dalam acara Rabbit’s Day, pada tahun 2011 kami melakukan kerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Surabaya dalam kegiatan yang berkaitan dengan Urban Farming. Suatu kegiatan positif yang bertujuan untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat Surabaya. Kemudian pada bulan Oktober 2011, media surat kabar Replubika mengunjungi kami untuk melakukan interview mengenai usaha yang berhubungan dengan hobi fokus dalam memelihara kelinci. Dan pada tanggal 22 November 2011 kami bertekad untuk mengikuti suatu kontes kelinci GKKI di lembang, Bandung. Suatu acara yang tak akan kami lupakan karena banyak sekali pengalaman yang kami dapatkan disana. Kemudian 24 November 2011 stasiun televisi Arek TV pun kembali meliput kami dalam agenda yang tidak kalah menarik. Selain itu  kami juga diminta menjadi bintang tamu talkshow dalam acara CERMIN (Cerita Menginspirasi) yang diselenggarakan oleh JTV. Sungguh suatu kehormatan bagi kami untuk bisa terus memberikan inspirasi bagi masyarakat. Terlebih lagi ketika adik-adik dari TK Al-Azhar 15 Surabaya melakukan kunjungan di akhir tahun. Ternyata pengaruhnya sungguh luar biasa selain menanamkan rasa sayang terhadap hewan juga sekaligus melatih tanggung jawab. Pemberian edukasi mengenai kelinci terhadap para generasi muda ini pun sangat memberikan dampak positif.

            Itulah ulasan singkat mengenai kilas balik Pradika Rabbit di tahun 2011. Sebuah perjalanan luar biasa dari Rabbitry kami di tahun 2011. Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah sangat membantu kami. Semoga di tahun 2012 ini kami, Pradika Rabbit dapat menjadi lebih baik dan terus bersemangat lagi dalam mengembangkan hobi ini. Tentunya semua itu semakin menginspirasi orang lain bahwa dengan ketulusan, usaha dan doa semua dapat menjadi bermanfaat. SELAMAT TAHUN BARU 2012 ^___^

readmore »»

10.10.2011

5 AZAS KESEJAHTERAAN KELINCI

.
2 komentar

RABBIT’S WELFARE BASED ON FIVE FREEDOM FOR ANIMALS


Animal welfare diartikan sebagai kesejahteraan hewan yaitu suatu usaha untuk memberikan kondisi lingkungan yang sesuai bagi hewan sehingga berdampak pada peningkatan sistem psikologi dan fisiologi hewan. Animal welfare merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam hubungan antara manusia dan hewan. Hal ini disebabkan setiap individu hewan memiliki karakter dasar untuk dihargai dan dilindungi karena pada dasarnya hewan diciptakan bukan untuk disia-siakan.

Begitu pula dengan kelinci. Hewan yang sangat bersahabat ini perlu diberikan kasih sayang dan dijaga kesejahteraanya. Akan tetapi, kenyataannya saat ini justru banyak sekali ditemui tindakan yang menyimpang dengan animal welfare seperti penjualan kelinci yang masih menyusui, pemberian obat-obatan yang justru berakibat fatal untuk kelinci, serta masih banyak lainnya. Tentunya kejadian seperti itu perlu mendapatkan perhatian serta penanggulangan yang tepat sehingga hal-hal tersebut tidak terulang kembali. Berikut ulasan mengenai kesejahteraan kelinci sesuai dengan azaz lima kebebasan :

1. Freedom from hunger and thirst


Azas five freedom for animals (azas lima kebebasan) memegang peranan penting dalam kesejahteraan hewan. Azas pertama menyebutkan freedom from hunger and thirst diartikan bahwa hewan bebas dari rasa haus dan lapar. Pemeliharaan hewan dalam hal ini adalah kelinci harus memperhatikan asupan pakan dan minum untuk kelangsungan hidupnya. Asupan pakan dan minum berperan penting dalam tubuh untuk pertumbuhan, reproduksi dan produksi.

Kenyataan dalam masyarakat justru muncul kepercayaan bahwa memelihara kelinci tidak boleh diberikan minum. Fakta tersebut sangat bertitik tolak dengan kebutuhan kelinci bahwa ketersediaan air harus selalu ada setiap waktu, meskipun kelinci banyak mengkonsumsi hijauan dan hanya sedikit minum. Konsumsi air dalam kelinci normalnya adalah 50-100ml/kg/hari. Jumlah tersebut dipengaruhi oleh kandungan air dan komposisi pakan yang diberikan. Proses pencernaan kompleks pada kelinci membutuhkan air untuk diabsorbsi dan disekresikan di sepanjang saluran pencernaan. Oleh sebab itu kepercayaan sebagian masyarkat bahwa kelinci tidak boleh diberi minum adalah salah besar karena air merupakan salah satu unsur esensial yang dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme.

Siapkan selalu air minum untuk kelinci sejak dini


2. Freedom from discomfort


Azas kedua dari five freedom for animals (azas lima kebebasan) yakni freedom from discomfort yang berarti bebas dari rasa ketidaknyamanan. Azaz tersebut diaplikasi pada kelinci dengan menyediakan tempat tinggal yang mengutamakan kenyamanan dan lingkungan. Namun, agaknya masih belum dapat terwujud sepenuhnya, terbukti dengan penjualan kelinci yang masih menggunakan kandang dalam ukuran sempit dan diisi kelinci dengan jumlah banyak. Hal ini dapat menghambat kelinci untuk bebas beraktivitas dan meminimalisir ruang gerak. Kandang kelinci yang berukuran kecil dapat menyebabkan rasa sakit dan berakibat gangguan pertumbuhan tulang.


Sore Hock akibat alas kandang yang kasar dan tajam
Kelinci ditempatkan pada kandang yang sempit

3. Freedom from pain, injury and disease

Azas ketiga dari five freedom for animals (azas lima kebebasan) yakni freedom from pain, injury and disease diartikan bahwa hewan bebas dari luka, penyakit dan rasa sakit. Oleh sebab itu perlu dilakukan tindakan pencegahan dan penyelamatan terhadap kelinci yang sakit. Realita yang ada dalam masyarakat ternyata terdapat beberapa penyimpangan terhadap animal welfare, antara lain :

a. Perlakuan menggendong (handling) dengan menarik telinganya
Perlakuan menggendong kelinci dengan menarik telinganya ternyata masih banyak ditemukan dalam masyarakat. Tentunya perlu ditekankan kepada masyarakat bahwa jangan pernah sekali-kali mengangkat kelinci yang berukuran besar maupun kecil dengan mengangkat telinganya karena daerah tersebut terdapat banyak pembuluh darah vena dan sangat rentan/peka.

b. Penjualan anak kelinci belum lepas sapih
Hobbies kelinci agaknya mulai merasa jenuh karena anggapan mereka bahwa memelihara kelinci akan berumur pendek. Hal tersebut bukan karena mereka yang tidak mampu memelihara, akan tetapi kelinci yang mereka adopsi masih belum lepas sapih, artinya masih membutuhkan air susu induk untuk imunitas tubuhnya. Oleh sebab itu, untuk menghapus anggapan masyarakat mengenai umur kelinci yang pendek dapat dilakukan apabila para penjual maupun peternak menjual anak kelinci yang sudah lepas sapih dan dalam kondisi yang sehat dan tentunya kejujuran pelakunya.

Bayi kelinci yang belum siap sapih
c. Pemberian warna buatan pada bulu supaya menarik perhatian pembeli
Pemberian warna buatan pada hewan ternyata bukan hanya terjadi pada anak ayam saja, tetapi pada anak kelinci pun juga demikian. Perlakuan tersebut dilatar belakangi hanya untuk menarik perhatian pembeli terutama anak-anak. Padahal zat warna yang disemprotkan pada bulu kelinci tentunya mengandung toksik yang akan mengganggu kelangsungan hidup kelinci tersebut.

Kelinci yang diberi pewarna buatan

Semakin lama semakin pudar

Berdasarkan kenyataan diatas tentunya perlu diberikan edukasi kepada masyarakat mengenai macam jenis kelinci beserta warna yang normal sehingga tidak akan tertipu untuk mengadopsi kelnci yang memiliki warna bulu buatan. Dan pastikan mengadopsi calon kelinci kesayangan Anda dari peternakan yang terpercaya.

4. Freedom to express normal behavior

Azas keempat dari five freedom for animals (azas lima kebebasan) yakni freedom to express normal behavior yang berarti bebas untuk mengekspresikan perilaku normal dan alami. Pemeliharaan kelinci harus menyediakan ruang gerak yang cukup fasilitas - fasilitas yang mendukung perilaku kelinci di alam bebas (sebenarnya) termasuk dalam perkawinan atau reproduksi. Kenyataan yang ada pada saat ini masih ada peternak maupun hobies yang belum mengetahui hal ini sehingga mengawinkan kelinci diusia kurang dari 5 bulan sehingga akibatnya anak yang dilahirkan kualitasnya menurun dan induk kelinci biasanya kesulitan untuk melahirkan.

Perkawinan Kelinci

5. Freedom from fear and distress


Azas terakhir dari five freedom for animals (azas lima kebebasan) yakni freedom from fear and distress yang berarti bebas dari rasa takut dan penderitaan. Pemeliharaan kelinci tentunya perlu memastikan kondisi dan memberikan perlakuan yang mencegah kelinci dari penderitaan mental/psikis. Contoh nyatanya adalah meletakkan kelinci di lokasi yang terlalu ramai secara mendadak, packaging pengiriman kelinci yang tidak layak dan terlalu kecil, penjualan kelinci dan atau pemisahan anakan kelinci yang juga terlalu dini juga memicu timbulnya ketakutan dan penderitaan.


Kandang yang penuh sesak memicu stress

Hentikan melakukan pengobatan yang tanpa dasar dan coba-coba

Sesudah menyimak dan membaca ulasan di atas bagaimana dengan Anda? Sudahkah Kawan kelinci semua melakukan 5 azaz kebebasan tersebut? :)

readmore »»

9.28.2011

PRADIKA RABBIT - PET SHOP

.

PRADIKA RABBIT - PET SHOP

Kepada pelanggan kami, untuk info update produk PET SHOP kami silakan langsung menghubungi nomor kontak yang tertera. Terima Kasih  :)


Nggak bawa duit tunai? No Problem, kami menerima pembayaran melalui Debit Mandiri, Debit BCA, kartu kredit BCA dan Kartu berlogo visa dan master card
Our Products

Pakan Kucing Nutram Classy Adult Cat Food
 
Pakan Kucing (18kg dan Repack), klik untuk memperbesar. Info lengkap http://nutram.com/product.php?id=7i5a3v0w9a5a


Pakan Kucing Kis Kis
Kis Kis Adult Extra Rich
Kis Kis Extra Rich, Pakan Kucing Super premium (7,5kg dan Repack), klik gambar untuk memperbesar. Info lengkap http://www.profpetcorporation.com/kis-kis/dry-food/product/extra-rich
Kis Kis Kitten
Kis Kis Kitten, pakan kucing super premium (7,5kg dan Repack), klik gambar untuk memperbesar. Info lengkap http://www.profpetcorporation.com/kis-kis/dry-food/product/kitten

Pakan Kucing Royal Canin

Royal Canin Vet Product

Royal Canin Weaning
Pakan kucing khusus anakan lepas sapih. Info lengkap http://www.royalcanin.co.id/produk/products/vet-products/vet-care-feline/weaning

Royal Canin Recovery
Pakan Kucing Basah, sebagai asupan penting dikala kucing dalam kondisi sakit maupun dalam kondisi sehat. Info lengkap http://www.royalcanin.co.id/produk/products/vet-products/vet-diet-feline/recovery-cats-dogs

Royal Canin Gastro Intestinal
Pakan kucing khusus jika terjadi gangguan pada pencernaan. Info lengkap http://www.royalcanin.co.id/produk/products/vet-products/vet-diet-feline/gastro-intestinal

Royal Canin Fit, Persian Adult & Kitten

OXBOW ANIMAL HEALTH SPECIAL PRODUCT FROM USA

Oxbow Hay Tab
Hay tab, suplemen dengan spesifikasi khusus

Oxbow Essential Pellet, Daily C, Papaya Tab
 
Pelet khusus Kelinci dan Guinea Pig (Marmut), Daily C (vit. C), Papaya fruit (anti-woolblock)
Daily C, membantu memenuhi kebutuhan vitamin C kelinci, Marmut, Hamstermu, sebagai anti-depresan dan menjaga daya tahan tubuhnya
Papaya Fruit Tab, bukan sekedar tablet pepaya biasa namun berfungsi sebagai suplemen untuk menjaga pencernaan kelinci, marmut dan hamstermu dalam kondisi yang terbaik.

Camilan kesukaan kelinci, berbahan dasar stroberi
Oxbow Orchard Hay & Timothy Hay

Orchard Hay, lebih wangi, lebih hijau dan kelinci pasti suka
 
Oxbow Orchard Hay
 
Timothy Hay

 
Oxbow Timothy Hay, hijau dan wangi. Kesukaan Kelinci


Spesifikasi lengkap mengenai Produk ini, silakan klik website OXBOW

Pasir Wangi

Pasir Wangi utk Kucing dg aneka aroma
Parfum Kucing & Kelinci
Aneka pilihan aroma, bisa untuk kelinci juga

Rabbit Fresh Cologne

Celemek Keinci
Celemek multifungsi yang berbahan dasar mirip dengan lapisan kursi sofa yang tahan terhadap goresan cakar kelinci dan tahan air. Berfungsi sebagai pelindung baju kita disaat menggendong kelinci kesayangan. Praktis dan tahan lama.



Celemek Kelinci yang Multifungsi

Kandang Lipat/Knock Down
Spesifikasi: ukuran 60cm(P)x43cm(L)x50cm(T); Warna: Hitam, Hitam kilap, Putih, Pink, Ungu, Biru, Merah,dll; 2 pintu (atas dan depan) dan 1 pintu
Kandang Lipat Aneka Warna
Tatakan Kandang
Spesifikasi: Tatakan kandang, sebagai pengganti tatakan kandang Anda yang rusak, pecah ataupun hilang.
Tatakan Kandang


Botol Minum Kelinci

Spesifikasi: Ukuran volume 500ml dan 800ml; Warna: Merah, Biru, Hijau; Dapat digunakan untuk Kucing, Anjing, Hamster dan Pet lainnya.


Botol minum 500ml untuk Kelinci, Kucing dan Anjing aneka warna

Botol minum kelinci 800ml, lebih tebal dan dan mudah pecah

Kran Minum Otomatis Kelinci
Anda tidak perlu repot lagi untu mengisi air minum kelinci tiap harinya, cukup sediakan tandon khusus dan rakit dengan selang dan kran khusus ini.
Kran otomatis, cukup disambung dengan selang dan tandon air
ilustrasi aplikasi kran otomatis

ilustrasi aplikasi kran otomatis


Tempat Makan Kelinci
Spesifikasi: Terbuat dari tanah liat, kuat dan tahan gigitan kelinci; Aman dan mudah terguling; Berfungsi juga sebagai tempat mengerat kelinci utk mencegah gigi kelinci tumbuh terlalu panjang (overgrowt); berat 900 gram - 1000 gram.

diameter dalam 15cm, kedalaman 3cm

Cocok untuk Kelinci, GP, bahkan Kucing dan Anjing sekali pun



Serbuk Kayu
Spesifikasi: Berat 500gram/bungkus; Serutan kayu Pinus; Aman dan tidak berbahaya untuk kelinci maupun hamster; Berfungsi sebagai penyerap dan pengurang bau urin kelinci; Cocok untuk segala jenis ras kelinci dan hewan pengerat lainnya (tikus putih, hamster dan marmut)

Serbuk kayu untuk kelinci, hamster, dan marmut
Alfalfa Hay
Spesifikasi: Berat 500gram/bungkus; Pakan utama kelinci yang berbahan dasar rumput Alfalfa, sangat cocok dan aman diberikan untuk Kelinci; Dengan pemberian Hay dapat mencegah diare dan kembung akibat tidak terpenuhinya kebutuhan serat kasar kelinci: Cocok digunakan pula pada Hamster, Marmut dan Kura-kura darat. Untuk kelinci dalam masa pertumbuhan disarankan menggunakan Alfalfa Hay.

Cocok diberikan pada kelinci pada masa pertumbuhan dan menyusui
Aman dan Praktis untuk Kelinci, Hamster dan Marmut


Pelet Kelinci
Spesifikasi: Berat 900gram/bungkus; Kandungan : Protein : 15 % (Min), Lemak : 5 % (Max), Serat Kasar : 16 % (Max, Calcium : 1,35 %, Phosphours : 0,7 %, Air : 12 % (Max); Pelet Kelinci yang baik untuk segala jenis usia; Cocok dipadukan dengan Alfalfa Hay (dengan pemberian pagi pelet kelinci saja dan sore atau malam hari Alfalfa Hay)
Pelet Kelinci

DESINFEKTAN TH4
Desinfektan TH
Spesifikasi: 1 botol isi 100ml; Aman digunakan di dalam maupun luar rumah dan ampuh membunuh virus, bakteri, jamur, protozoa dan alga (Contoh: Virus Flu Burung, Bakteri penyebab anthrax, Bakteri TBC, Toxoplasma, Sarcoptes scabiei, dan lain2); Pengaplikasikannya dapat melalui penyemprotan (spraying), pengepelan lantai(mopping) setelah dilarutkan dalam air.

Footrest
Spesifikasi: ukuran 30cm x 30cm; mencegah luka pada telapak kaki kelinci, kaki terjepit dan sore hock; kuat dan tahan pecah; dapat disambung antar bagian; aman dan nyaman untuk alas kandang kelinci, anjing kucing, dll; beraneka warna
Pink, Biru, Hijau, Oranye & Hitam

Mix Oil
Spesifikasi: Tersedia dalam bentuk cair (1 botol isi 100ml) dan Powder; Cocok untuk segala jenis hewan: Aman dan Terbukti meningkatkan produktivitas dan profitability; meningkatkan palatabilitas; menjaga imunitas tubuh hewan; penggunaan dicampurkan dengan pakan atau air minu; Sudah diuji cobakan ke berbagai hewan: kelinci, kucing, anjing, ayam (hias, potong & petelur), sapi (potong & perah), kambing (potong & perah), kuda, ikan lele, udang dan lainnya; lebih lengkap silakan lihat brosur




Beberapa Testimoni Kawan penyayang dan peternak yang sudah puas dan menggunakan MIX OIL, (Klik disini)

Sisir Slicker dan Sisi 2 Sisi
Sisir yang aman dan praktis untuk menjaga kebersihan dan kerapihan rambut kelinci Anda. Gunakan sisir ini min. 2x sehari untuk mencegah gimbal atau kusut pada rambut kelinci Anda.
Sisir 2 sisi
Sisir Slicker

Pemotong Kuku
Kuku hewan Anda panjang tentu sangat tidak nyaman untuk kita dan hewan itu sendiri. Seringkali terjadi kuku hewan patah karena kita lalai dalam memotong kukunya. Kami berikan solusinya.
Pemotong kuku unik dengan pilihan warna biru dan pink


Susu Bubuk
Susu bubuk formula yang disesain khusus untuk bermacam hewan. Hewan kesayangan Anda pasti suka.
Susu bubuk formula, cocok digunakan sebagai pengganti susu induk disaat keadaan darurat


Berminat dengan produk yang kami tawarkan, segera hubungi kami:
SMS: drh. Nimas 08993976606 & Dika 08993323522
email: pradikarabbit[at]yahoo. com
Format sms:
Nama (spasi) lokasi tinggal (spasi) isi sms

readmore »»
 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas