15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

7.01.2012

KELINCI REX AMAN UNTUK ANAK-ANAK

.



KELINCI REX AMAN UNTUK ANAK-ANAK

TRIBUNNEWS.COM,SURABAYA - Memelihara kelinci mungkin belum populer, tetapi hewan yang satu ini dapat menjadi pilihan ketika anak ingin memelihara binatang di rumah. Meski banyak yang menjadikan kelinci sebagai hewan kesayangan, belum banyak yang menyediakan informasi dan tempat pengembangbiakan kelinci jenis itu. Kelinci jenis Rex menjadi salah satu yang dianjurkan Nimas Ayu Pertiwi (22).
Bersama rekannya, Dwistha Satya Pradika, ia membuat peternakan kelinci di Jalan Karah Agung III nomor 14—16 Surabaya. Kelinci yang siap diadopsi –begitu istilah Nimas dan Pradika—adalah kelinci yang sudah berumur di atas dua bulan.
“Sebelum usia itu sebaiknya jangan diadopsi karena masih menyusu. Jika dipisahkan dari induknya, kelinci kecil itu akan mudah sakit,” kata Pradika.
Semua kelinci yang diadopsi harus memiliki sertifikat.
Seekor anak kelinci sekitar Rp 300.000. Setiap bulan Nimas mengirim kelinci pesanan ke luar pulau atau luar negeri. Promosi hanya dilakukan lewat blog www.pradikarabbit.blogspot.com.
“Bahkan sebelum kelinci lahir sudah dipesan,” kata Nimas. Calon pembeli juga dapat memesan warna bulu yang dikehendaki.
Kandang kelinci harus cukup untuk bergerak. Sesekali kelinci dilepas di lantai. Bulunya yang tebal dan lembut membuat kelinci nyaman dipeluk. Makanan yang diberikan sebaiknya berupa makanan olahan seperti jerami alfalfa yang mengandung protein tinggi dan pellet sesuai kebutuhan kelinci. Wortel atau sayur bisa diberikan sebagai selingan.
Cara menggendong kelinci juga tidak boleh salah. Jangan sekali-sekali mengangkat kelinci dengan menarik telinga. Menurut Nimas, itu dapat merusak syaraf yang ada di telinga.
"Pegang kepalanya dan angkat pantat kelinci kemudian digendong," kata Nimas yang dokter hewan ini.
Kelinci dengan bulu lembut seperti karpet yang menjadi ciri khas ras Rex, perlu perawatan. Di peternakan itu, mereka membuka pet shop khusus kelinci. Kelinci dimandikan, dipijat, dicukur, jambul dipita, pedicure, serta mendapat vitamin. Perawatan lengkap untuk seekor kelinci sekitar Rp 35.000.
“Biasanya pemilik kelinci harus menelepon dulu karena kami hanya sanggup menangani lima kelinci per hari,” tutur Nimas.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/06/15/kelinci-rex-aman-untuk-anak-anak

0 comments

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas