15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

3.20.2011

SEPUTAR PERKAWINAN KELINCI (3)

.

SEPUTAR PERKAWINAN KELINCI (3)


DOB 13 Maret 2011

Mengingat rentang bunting kelinci yang relatif singkat (30-33 hari), maka persiapan untuk menyambut kelahiran bayi kelinci tentunya menjadi priotitas utama. Ciri-ciri kelinci hamil antara lain perut terlihat membesar, puting susu induk mengeras, induk lebih agresif (mencakar dan menggigit) dan jika perut bagian belakang diraba terasa ada bulatan kecil yang hanya dapat disentuh. Ciri lainnya kelinci akan menolak untuk dikawinkan dan cenderung menyerang pejantan.

Persiapan yang harus dilakukan pertama adalah menentukan kelak dimana tempat kelinci kesayangan akan melahirkan.
Ada 2 pilihan, yaitu di luar kandang dengan menggali tanah (ngerong) dan di dalam kandang dengan kotak beranak. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika melahirkan di luar kandang, maka kita akan kesulitan untuk mengecek kondisi induk dan bayi kelinci, ancaman predator (tikus dan hewan predator lain), lubang tergenang air dan resiko lainnya. Namun, kelebihannya adalah kita tidak perlu repot untuk menyiapkan proses kelahirannya.

Pilihan kedua yaitu melahirkan dalam kandang memiliki kelebihan yaitu kita dapat menyaksikan dan mengawasi induk dan bayi dengan mudah, proses penangangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan lebih cepat dan mudah serta lebih aman dari predator. Kekurangannya menyediakan kotak kelahiran yang sesuai dengan induk.

Hal yang perlu diperhadikan dalam pembuatan kotak beranak kelinci adalah ukuran dan bahan alas kotak. Kotak yang terlalu kecil dan pendek membuat induk merasa tidak nyaman saat menyusui dan memudahkan bayi kelinci terjatuh hingga terinjak oleh induknya. Demikian pula dengan alas kandang yang tidak memiliki saluran pembuangan air dapat menyebabkan bayi terendam urin induknya (ada beberapa induk yang membuang kotoran dikotak). Hal lainnya yang mendukung tentunya adalah kebersihan kotak beranak. Kotak yang kotor dapat menyebabkan induk dan bayi terkena penyakit dan bahkan mengakibatkan kematian terutama pada bayi kelinci.

Ukuran kotak beranak beragam bergantung pada besar kecilnya tubuh induk, semakin besar induk semakin besar pula ukuran kotaknya. cara mengukurnya cukup muda dengan mengukur panjang tubuh kelinci saat sedang tiduran. Sedang untuk membuat saluran pembuangan cukup beri beberapa lubang pada alas sehingga urin induk tidak sampai tergenang.


beberapa contoh model kotak beranak kelinci

Bahan tambahan agar induk merasa nyaman adalah dengan menambahkan rumput kering atau hay sebagai alas baik untuk beranak di dalam dan di luar kandang. Fungsi rumput kering adalah untuk menjaga agar bayi kelinci tetap hangat.

0 comments

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas