15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

5.23.2011

MERAWAT BULU KELINCI

.
1 komentar

MERAWAT BULU KELINCI



Salah satu yang menjadi penilaian hobbies dalam memilih kelinci adalah kebersihan dan kesehatan kelinci. Namun, seringkali kita hanya memperhatikan kesehatan kelinci dan kurang melihat pada kebersihannya. Kelinci yang memiliki kebersihan bulu dan tubuh tentu menjadi nilai tambah yang sangat besar. Kelinci yang bersih juga menjamin bahwa pemilik sangat menjaga dan memperhatikannya termasuk di dalamnya kesehatan kelinci. Hal ini, berlaku pula pada penghobi kelinci yang mengaku suka dan cinta dengan kelincinya. Semakin bersih dan rapi bulu kelinci miliknya, tentu semakin sehat pula kelincinya. Karena kebersihan adalah salah satu poin penting dalam mendeteksi kesehatan kelinci.

Semua setuju bahwa bulu kelinci yang bersih dan rapi menjadi idaman bagi setiap pemilik kelinci. Hal ini mutlak karena siapa yang tidak risih dan bahkan jijik jika melihat kelinci yang kotor dan tidak terawat. Siapa yang suka dengan kelinci dengan bulu yang gimbal dan kotor? Siapa pula yang betah berlama-lama dengan kelinci kesayangannya jika bulu dan tubuhnya penuh kotoran? Selain itu, tahukah bahwa kelinci yang kotor dapat membawa dampak negatif pula pada kita?

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa lingkungan bersih dapat menjamin kesehatan. Hal ini berlaku pada semua makhluk hidup dan tentunya manusia. Sebagai contoh manusia yang tinggal di tempat kumuh akan lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, kami akan berbagi sedikit tips mengenai cara-cara praktis untuk menjaga kebersihan bulu dan tubuh kelinci.

Tips mudah pertama, jangan pernah atau sekali-sekali meletakkan kelinci kesayangan kita pada lingkungan yang basah dan lembab. Perhatikan pula jika teman-teman gemar melepas kelinci di halaman, usahakan untuk tidak melepas kelinci disaat tanah/taman dalam keadaan basah (terutama usai hujan turun). Lingkungan yang basah dan lembab tidak baik untuk kelinci karena dapat menimbulkan berbagai penyakit dan juga dapat mengurangi kebersihan bulunya.

Tips kedua, rajin-rajinlah untuk menyisir bulu kelinci kesayangan teman-teman. Semakin sering kita menyisir bulu kelinci kesayangan kita maka bulu-bulu mati kelinci akan terangkat dan dapat mencegah terjadinya gimbal dan rontok berlebih. Selain itu pula, tindakan menyisir ini juga sebagai cara untuk mencegah kelinci menggigiti kulit atau bulu (yang dapat menyebabkan gimbal) akibat rasa gatal yang disebabkan kotoran atau benda asing yang menempel. Usahakan sekali dalam sehari kita menyempatkan waktu sejenak untuk menyisir bulu kelinci kesayangan kita.

Tips ketiga, beri kelinci makanan yang banyak mengandung vitamin E. Vitamin ini banyak dalam terdapat dalam berbagai sayuran dan terkandung pula pada pakan kering kelinci (Rabbit Pellet).

Tips keempat, Hindarkan kelinci pada tempat yang terlampau panas karena suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kelinci.

Tips kelima, terutama untuk kelinci yang berbulu panjang, sangat disarankan untuk menyediakan botol minuman khusus untuk kelinci agar saat minum bulu tidak ikut basah terkena air.

Tips keenam, jika kelinci anda saat ini dalam keadaan kotor dan susah untuk melakukan pembersihan, disarankan untuk membawa ke salon khusus kelinci agar mendapat penanganan lebih lanjut. Pastikan pula salon yang dikunjungi benar-benar ahli dalam meng-handle kelinci.

readmore »»
 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas