15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

12.18.2013

MALOCCLUSION PADA GIGI KELINCI (Part 2)

.

MALOCCLUSION PADA GIGI KELINCI (Part 2)

      Pada ulasan sebelumnya Malloclusion pada Gigi kelinci (Part 1) telah kita bahas mengenai gigi kelinci yang normal serta tips dalam merawat gigi kelinci yaitu salah satunya memberikan bentuk pakan yang tepat. Pada kesempatan ini kami akan membahas lebih fokus lagi mengenai Malloclusion pada kelinci.

Malloclusion pada gigi kelinci
Malloclusion merupakan kejadian abnormal yang ditandai dengan pertumbuhan gigi kelinci yang berlebihan. Apa ya maksudnya berlebihan ini? Yah.. taukah kawan bahwa secara normal gigi kelinci akan tumbuh setiap harinya. Pertumbuhan panjang gigi setiap hari ini merupakan kejadian normal yang terjadi pada kelinci. Itulah mengapa kelinci kesayangan kita memiliki kebiasan mengggigit benda-benda disekitarnya. Tujuannya apa? Tentu bertujuan agar gigi kelinci dapat ditekan pertumbuhan melalui proses penekanan dalam menggigit benda-benda tersebut. 

      Tips pemeliharaan selanjutnya adalah selalu sediakan tempat atau media untuk menggigit misalnya tempat pakan yang terbuat dari gerabah, hay (rumput kering) dengan beberpa jenisnya, balok kayu yang tidak keras dan lainnya. Hal ini sangat membantu menjaga kesehatan gigi kesayangan kita.

      Kembali lagi mengenai pertumbuhan gigi yang berlebihan atau disebut dengan Malloclusion. Kejadian ini sering terjadi akibat pemilik yang kurang mengetahui bahwa dalam memelihara kelinci perlu diberikan media tersebut, sehingga secara otomatis kelinci berusaha menggigit benda-benda disekitarnya. Namun sayangnya saat kelinci berusaha mempertahankan pertumbuhan gigi agar tetap normal dengan menggigit benda di sekitarnya justru yang didapatkan hanyalah kandang besi dan tempat pakan dari plastik. Akibatnya apa? Saat menggigit benda keras tersebut gigi kelinci justru patah. 

Gambaran struktur gigi kelinci yang memanjang abnormal
Apakah saat gigi kelinci patah maka pertumbuhan akan berhenti?? TIDAK, justru sebaliknya. Gigi kelinci akan tumbuh sangat panjang melebihi normal sehingga kejadian yang menyakitkan inilah disebut dengan Malloclusion. Kawan penyanyang kelinci berikut pengaruh dari malloclusion :
  • Pertumbuhan susunan gigi yang abnormal secara perlahan dimulai dari incisors, premolar hingga molar;
  • Semakin lama kelinci akan mengalami kesulitan dalam memasukkan pakan dan minum air ke dalam mulutnya;
  • Kebiasaan grooming harian akan terhambat karena lidah kelinci tertutup oleh gigi yang memanjang;
  • Penurunan berat badan akan mudah terjadi pada kejadian malloclusion sehingga tidak menutup kemungkinan juga menurunkan imunitasnya.

       Satu hal yang terpenting yakni lakukan pencegahan sebelum ini terjadi pada kelinci kesayangan kita, yakni berikan media yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi kelinci.  

        Demikian ulasan kami mengenai Malloclusion pada Gigi kelinci (Part 2), semoga dapat bermanfaat bagi para penyayang kelinci. Jika kelinci Anda sedang mengalami Malloclusion, segera hubungi kami. Kami siap membantu kelinci kesayangan Anda. Terima kasih :)



5 comments

Anonim mengatakan...

Kelinci saya kena maloclusion..apa yang harus saya lakukan?

Sefty Nuryanti mengatakan...

selamat malam,, saya mau tanya kelinci saya giginya sudah panjang setelah saya menyadari dia tidak mau makan karna kesulitan dengan giginya yang panjang bagaimana cara mengatasi nya ya. terimakasih

della pertiwi mengatakan...

Saya baru sadar klo kelinci saya giginya mulai agak memanjang. Sampai klo makan sayur atau buahnya saya potong kecil-kecil. Apa yang harus saya lakukan. Terima kasih
Della
Aquamarin 2.1 no.2, Kota Baru Driyorejo. Gresik

Unknown mengatakan...

Kelinci saya giginya pnhang, kmrin sminggu ilang pas ketemu giginya jadi panjang melengkung. Trus hrs d gimanain?

Pradika Clan mengatakan...

Silakan dibawa ke tempat kami untuk penanganan lebih lanjut

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas