15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

10.22.2009

MEMBERI MAKAN KELINCI

.

MEMBERI MAKAN KELINCI
Peternakan kelinci memiliki cara yang beragam mulai dari menu/ pakan kelinci sampai jam pemberian makan pada kelinci. Pradika Rabbit memiliki 2 menu atau pakan atau ransum utama bagi kelinci, Pelet Kelinci dan Hay. Pada siang hari kelinci...

biasanya tidak terlalu nafsu untuk makan dan lebih suka untuk beristirahat (tidur). Oleh karena itu, Pradika Rabbit ingin berbagi pada kawan kelinci jam pemberian pakan di peternakan kami yang ada di surabaya:

1. Pagi Hari (pukul 07.00 - 09.00)
- Kelinci diberi makan pelet kelinci dengan takaran 50 gram - 100 gram (Lihat petunjuk pemberian takaran pelet jika ada)
-Sisa makanan kemarin malam HARUS dibersihkan dan dibuang.
- Jangan lupa diberi air minum.
2. Sore Hari (pukul 14.00 - 16.00)
- Mengecek air minum, jika kurang/habis ditambahkan/diisi kembali.
- Kelinci diberi makan Hay. Boleh juga diberi wortel (1 atau 2 buah per ekor) atau diberi sayur - sayuran seperti selada, daun sawi, dan jagung + kulitnya serta buah apel sebagai selingan.
3. Malam Hari (18.00 - 19.00)
- Menambah air minum kelinci.
- Kelinci diberi Hay

*Perlu diingat, jika ingin memberikan sayuran sebagai pakan, sayuran tersebut sudah harus dalam keaadaan bersih dan layu. Caranya dengan menaruh pakan sayur segar di luar kulkas selama kurang lebih 4jam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar air dan meningkatkan serat kasar pada sayuran.
*Pemberian Kol dan Kangkung kurang kami rekomendasikan karena seringkali mengakibatkan kelinci mencret dan kembung. Namun jika terpaksa sayuran harus diberikan dalam keadaan layu..

9 comments

Anonim mengatakan...

Congratulation Pi =)

Bersama Kita sukseskan hobby Kita ^_^

Pradika Rabbit'll change the World

hohoho

-Nimas Pradika-

Ulya safrina mengatakan...

Ulya Safrina : mas, pas aku beli kelinci katanya gaboleh dikasih air ? --" jadi gimana ? aku bingung. mas, klo mau beli pakan ditempat mas bisa delivery gt gak ?

Pradika Clan mengatakan...

@Ulya, Jadi gimana Mbak?
Hehehe...
Semua Makhluk hidup butuh air, jd itu (kelinci gag boleh minum air) jelas tdk benar :)
Lgs datang aja Mbak ke Peternakan kami utk beli peletnya, trims :)

stranger mengatakan...

Selamat sore mas.... Saya Helmi, dari Jogja
Saya punya sepasang kelinci angora, usia 2 bulan (kata penjual), jantan&betina (kata penjual, blom dicek). Udah dipelihara 3 hari ini (Minggu-Selasa). Sejak hari pertama baru saya kasih pakan Kangkung terus setiap saat dan belum pernah diberi minum. Dan malam ini, sebelum saya tulis komen ini, saya ganti kangkung yg dikandang dg rumput dr halaman + beberapa potong wortel. Juga saya kasih air minum, tapi karna klincinya gak mau diminumi dan sudah malam (ngantuk), saya keluarkan air dari kandang.
Sudah tepatkah upaya saya ini untuk menyelamatkan klinci dari overdosis kangkung? Oya, selalu saya sempatkan melepas kelinci disekitar 15-45 menit di halaman belakang (langsung ke tanah, kadang klinci makan rumput yg ada), dan kalau malam di ruang kamar utk bersihkan bulunya. Mohon dijawab segera. Terima kasih banyak.

Nimas Pradika mengatakan...

Hemli - Jogja
Sip, uda tepat Mas..
Sekedar saran, lebih baik kangkung diganti sayuran lainnya. Karena ada beberapa kelinci yang diare dan kembung setelah diberi makan kangkung :)

Kalau mau coba boleh pakai Hay dan Pelet kami, dikit promosi yah ^^

stranger mengatakan...

Mas, ini saya lagi (Helmi) hehe...
Masalah pakan lagi tentunya. Pagi tadi saya coba perkenalkan pakan bekatul (sedikit dicampur air hangat+diaduk, didinginkan dulu) ke kelinci saya. Kangkung sisa dll saya buang dari kandang (sekalian bersihkan kandang). Tapi, sampai malam ini kelinci2 saya masih belum mau makan bekatul. Sempat saya pancing dg mencampur irisan daun seledri layu, tapi setelah daun habis, mereka malas makan. Apa kalau saya diamkan dulu dg bekatul, mereka lama2 jadi mau makan sendiri? Dan air minum yg saya pasang belum juga disentuh, padahal udah pake botol yg khusus itu.

Sekali lagi terima kasih.
*)Mungkin kalau ada bibit rumput hay boleh juga mas...

stranger mengatakan...

Maaf ralat : bukan seledri, maksud saya daun selada, hehe

(Helmi)

Pradika Clan mengatakan...

Helmi, belum terbiasa saja Mas.. Kalau mau praktis pakai Pelet kelinci saja :)
Daun selada dan seledri boleh kok diberikan ke kelincinya, oh ya klo belum mau minum mkg kelinci belum terbiasa, nanti juga akan terbiasa tetap selalu disediakan yaa...

lusi mengatakan...

H,ahirnya nemu vet kelinci di surabaya. Salam kenal.saya pemula baru pelihara bayi2. Blogwalking dulu ya. Mau cari ttg hay yg dijual disini.

Google+

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas