15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

6.03.2011

MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG MOULTING PADA KELINCI

.

MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG MOULTING PADA KELINCI
Sering kali kita menjumpai bulu kelinci rontok dalam jumlah yang banyak bahkan hampir diseluruh tubuh. Salah satu kerontokan bulu kelinci yang terjadi dalam hidupnya adalah moulting. Mari kita mengenal lebih dekat mengenai moulting pada kelinci.
Bulu kelinci tumbuh dalam folikelnya secara tunggal atau dalam jumlah kelipatan dan memiliki karakteristik seperti mantel yang padat. Pertumbuhan bulu secara cepat terjadi pada kelinci yang baru lahir dan pada awalnya terdiri dari bulu-bulu halus yang lunak. Kemudian bulu ini akan berganti pada usia 5-6 minggu menjadi bulu intermediate sampai kelinci berusia 4-5 bulan. Bulu kelinci yang berganti menjadi intermediate akan bebas dari moulting sampai kelinci tersebut dewasa.
Saat menginjak usia dewasa akan mengalami moulting kembali tergantung dari musim dan terjadi setiap tahunnya. Selama moulting, terdapat berberapa area dari bulu yang mengalami tahap pertumbuhan. Kerontokan bermula dari kepala kemudian berjalan kebawah menuju leher, punggung, perut dan bagian lainnya. Proses moulting dipengaruhi oleh rangsangan lingkungan, hormone dan nutrisi. Selain itu kepadatan dari bulu kelinci juga dipengaruhi oleh suhu lingkungan dan asupan gizi. Pada musim yang panas biasanya bulu kelinci lebih pendek dibandingkan pada musim dingin. Asupan gizi yang berkualitas akan mempengaruhi pertumbuhan bulu yang cepat.

21 comments

bahrul mengatakan...

sy bahrul.. saya punya kelinci rex. baru lahir, usia 1, 5 bulan. bulu nya rontok, sampai gundul. sudah seminggu ini tak punya bulu. apa itu jg proses moulting? tap[i kenapa bulunya sampai habis sama sekali??

Pradika Clan mengatakan...

Bagaimana kondisi kandang? Kandang wajib dalam keadaan bersih. Usia molting terjadi saat usia menjelang remaja dan dewasa

raya mengatakan...

Aslmkm, nama saya raya dr bandung. Saya membutuhkan kulit segar atau awet garam dr kelinci peranakan new zealand white sktr umur 5-6 bulan sebyk 20 lembar untuk kepentingan penelitian. Mohon info dmana saya bs mendapatkan. Nuhun. D tunggu sangat balasannya.

Pradika Clan mengatakan...

Maaf kami tidak tahu dimana lokasinya dan kami merupakan pecinta kelinci bukan pemburu kulit kelinci :)

Anonim mengatakan...

nma sya rendi dari jakarta,saya mw tnya,kelinci sya umur 4blnan jeis nzw sedang moulting,blu'a rntok trus tiap hari,tapi rata tidak sampai botak,yg ingin sya tnya,sampai kpn ya kelinci berhenti moulting,ga rntok lg bulunya...
Tlg jwbannya ya,trima kasih..

Pradika Clan mengatakan...

Rendi Jkt, biasanya sih 1-2 bulanan Mas.. Untuk membantu mempercepat dg melakukan penyisiran tiap hari dan suhu ruangan agar dijaga agar tidak terlalu panas :) (max. 32 derajat celcius)

Anonim mengatakan...

rendy jkt,trima ksh atas jwbannya,web ini sangat membantu..:)
Sya mw tnya lg,sya pnya vitamin klinci mrek ti rex yg sya ksh di cmpur dng minuman klinci sya,tetapi tdk ad ketrangan apa di brikan tiap hari atau tdk..
Mnurut pradika,apakah vitamin klinci sya lbh baik di berikan tiap hari atau tidak??
Klw tdk,brp x sehari hrus dibrikan..
Trima ksh atas jwban'a..:)

Anonim mengatakan...

sya wina,bks,sya punya klinci 1 skitar umr 4 blnan,sya ingin tnya apabila klinci sya msuk msa kawin dan sya tdk kawinkan sampai dewasa,apa ad dmpak yg bruk untuk klinci sya??
tp sya tdk mau mengkebiri kelinci sya,krna biaya'a psti agak tinggi..
krna agak repot untuk sya mncari psangan dan punya bayi kelinci,psti akan lbh bnyk klinci sya..
Trima ksh atas jwban'a ya..:)

Pradika Clan mengatakan...

Rendi, Alhamdulillah dapat membantu ya Mas :)
Utk vitamin coba saja dicek di kemasannya Mas, ada aturan dan cara pakainya. Sebaiknya diikuti saja jangan berlebih pemberiannya :)

Wina, untuk literatur yang menyatakan dampak buruk jika tidak dikawinkan kami belum menemukan. So far, selama kita memberi perhatian kepada kelinci kita meski hanya seekor saja tentunya dia tidak akan kesepian :)

Anonim mengatakan...

wina,bks,trima ksh atas jwbannya,untung lah bila tdk ada dmpak yg bruk:)
Sya mw tnya lg mas,sya memberi klinci sya mkn 3 x sehari,jam 7,jam 1 siang,dan jam 7 malam..
Yg sya ingin tnya,sya memberi mkn jam 1 syur2an,nah sblum jam 7 malam,mknannya sdah hbis,apabila kita tdk memberi mkn smpai jam 7 apakah tdk apa2??
Karna yg sya liat di internet,kita hrus teratur memberi mkn klinci,jd sudah ad jam2nya..
Mhon pndapatnya,hhe..
Trima kasih:)

Pradika Clan mengatakan...

Wina, tidak apa Mbak... :)

Anonim mengatakan...

sya vivi,dr jkt,sya mw tnya dong,brp lama sih baiknya kelinci biasanya di lepas dr kndang dlm sehari,karena saya jrang di rmh dan kelinci saya sedang moulting,jd sya jrang lepas kelinci sya dr kndang,tkut dengan bulunya,pling klw di lepas hnya 15-30 menit,kdang2 1jam..
Apa di perternakan pradika kelinci2nya jg di lepas beberapa menit untuk main??
Trus brp lma kelinci brenti moulting,biar ga rontok lg??
Trima kasih ;)

Anonim mengatakan...

sya dika,bndung,sya mw tnya,apa wortel bisa membuat kencing kelinci jd bau pesing lebih menyengat??
sya cuma ksh makan pgi pelet,siang wortel 1 btg dan caisim/sawi 3-4lembar,mlm pelet lg..
Tp kenapa smenjak mkn wortel dan sawi kencingnya spertinya lebih menyengat ya??
Trus pelet merk apa sih yg bagus yg ad di pet shop2,sya ksh briter bunny,ad mrek lain yg bagus dan lebih murah ga sepengetahuan pradika??
Trima ksh ya..:)

Pradika Clan mengatakan...

Vivi, Kami ada jadwal khusus untuk melepas kelinci di luar kandang, bisa sampai seharian (pagi - sore) kemudian kami kembalikan lagi ke kandang. Untuk kejadian molting tiap ekornya berbeda-beda biasanya hingga 1 bulan namun ada yang lebih cepat dan ada pula yang lebih singkat :)

Dika, Sudah dijawab sendiri ya pertanyaannya? :)
Untuk mengurangi aroma urin yang menyengat perhatikan pakan yang diberikan. Ditempat kami hanya diberikan pelet dan hay saja. Alhamdulillah aroma kotoran jauh lebih berkurang. Mbak boleh coba pelet kami, silakan langsung menghubungi kami via sms atau email :)

Anonim mengatakan...

dika,bndung,trus klw pmberian sawi dan wortel,bgus'a kpn agar kencingnya tdk bau,kan yg sya liat di internet,sayuran jg perlu di berikan setiap hari,biasanya siang,trus sayuran apa yg ga bsa buat kencing klinci jd bau??
Trima ksh:)

Pradika Clan mengatakan...

Dika, Betul, kami biasa memberikannya pada siang hari namun sifatnya sebagai cemilan dan tidak setiap hari diberi :)

Jika ingin aroma urin menjadi tidak terlalu bau, kami sarankan dengan penggunaan Hay Mbak. Kami sudah mencobanya sendiri dan membandingkan di Rabbitry kami. Aroma urin dengan pemberian sayuran lebih menyengat daripada yang kami berikan Hay. Selain itu pula, pemberian Hay dapat menghindarkan kelinci dari gangguan pencernaan seperti diare dan kembung :)

Anonim mengatakan...

dika,bdg,hrga hay di pet shop mhal mas,kira2 alternatif makanan apa ya yg mudah di cari untuk mkn siang kelinci,dan klw misalkan syuran,syuran apa yg ga buat kncing bau??
Seandainya sya beri mkn kelinci hnya pagi dan malam,sementara dr siang smpai mlm tdk di beri mkn bila mknannya sudah habis,apa kah bleh??
Trima ksh atas jwban dan infonya ya:)

Anonim mengatakan...

dika,bdg,mas tnya donk hrga hay di pradika rabbit brp ya??
Trus bnyknya brp gr/kg??
Trus bsa di krim ke luar kota??
Sms aj mas ke 08989159215..
Thx,mw tau infonya aj,mksh..:)

Pradika Clan mengatakan...

Dika, kami balas via sms ya :)

Anonim mengatakan...

saya ica di Bogor

saya baru punya kelinci muda di rumah, saya mau tanya, untuk kandang kelinci yang beralas serpihan kayu, idealnya berapa kali serpihan kayunya diganti? dan daun pisang aman ga buat kelinci muda, sama idealnya berapa jumlah yang harus saya kasih kalo memang aman?
makasi :) maaf ya banyak nanya, hehehe

Pradika Clan mengatakan...

Ica, untuk alas serpihan kayu sebaiknya diganti saat serpihan kayu terlihat basah atau lembab. Bisa jadi 1 hari satu kali atau 1 hari dua kali menggantinya, usahakan kondisi kandang selalu kering. Daun Pisang aman diberikan kepada kelinci sebagai selingan bukan sebagai pakan utama :)

Google+

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas