15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

11.12.2009

CIRI - CIRI KELINCI YANG SAKIT

.

CIRI - CIRI KELINCI YANG SAKIT

Kelinci yang sakit dapat diakibatkan oleh bermacam - macam hal, bisa melalui kuman, parasit dan virus. Pradika Rabbit akan berbagi tips untuk mendiagnosa awal kelinci sakit, apa saja ciri - ciri kelinci yang sakit itu?




1. Nafsu makan kelinci berkurang, sehingga hanya makan sedikit atau bahkan tidak makan sama sekali.
2. Perhatikan kotoran kelinci! Normal, encer atau tidak mengeluarkan kotoran sama sekali.
2. Kelinci yang sehat ialah kelinci yang aktif (suka bergerak dan berlari), jika kelinci hanya diam saja kemungkinan sakit.
3. Pandangan mata sayu/kosong (seperti ngelamun).
4. PENTING !! Kelinci yang sakit harus dipisahkan dari kelinci yang sehat, agar tidak menular ke yang lain dan lebih mudah untuk memantaunya.
5. Segera menghubungi Dokter Hewan terdekat atau kepercayaan Anda, jangan menunda atau akan semakin membuat parah keadaan kelinci.

39 comments

PIXEL Interior Design mengatakan...

trims bgt atas sarannya,,

jdi taw klo klinci sya skit pa gak..

skali lge trimakasiiihh

ZEIN mengatakan...

Salah satu Kelinci saya terlihat ada luka kering putih disetiap daging disekitar kuku-nya.
sedangkan 3 kelinci yg lain tidak seperti itu.makan masih mau, kira2 itu penyakit atau bukan ya?

Pradika Clan mengatakan...

Pak Zein, apa putih2nya itu tumbuh dan menyebar? Kalau iya bisa jadi itu terkena kudis atau scabies. Penyakit ini menular ke yang lain dan bisa juga ke manusia kalau lupa untuk mencuci tangan setelah bersentuhan dengan penderita. Saran Kami, segera konsultasikan ke dokter hewan lebih lanjut supaya segera dapat pertolongan :)
Trims..

bahrul mengatakan...

mas pradika, saya bahrul di ngawi...
kelici saya saya lepas dikandang luas dengan unggas dan hewan lainnya.. jika lelinci saya beranak sebaiknya saya biarkan alami atau dipindah di box khusus dengan induknya....
lalu bjika nafsu makan kelinci lemah tapi tdak sakit, bgaimana mengatasinya?
mohon dibalas...

Pradika Clan mengatakan...

Bahrul, tidak masalah Mas..
Tapi yg saya tanyakan keamanannya, bagaimana kalau kelinci beranak diluar kandang? Apakah aman dari predator/pemangsa? Klo dirasa tidak aman silakan utk dipindah di tempat khusus :)

Nambah nafsu makan bisa pakai air gula jawa diminumkan

bahrul mengatakan...

terimakasih mas.... tapi sekarang sudah saya pndah,nampaknya agak sters.hehehe

Pradika Clan mengatakan...

Bahrul, sipp.. Smoga sehat selalu :)

Anonim mengatakan...

namaku ia,dr tanggerang,,
nanya donk pak,,

aq punya klinci, klo soal mkan gag ada msalah,nafsu mkanx bgus,, tapi koq klncix kurang aktif yagh,,
kurang lincah,beda sma temen2x yg lain,,
kira2 klincix aq itu sakit gag pak?
Klo skit,prtolngan prtmax gmna y?
Makasih yagh pak..
^^

Pradika Clan mengatakan...

Mas punya berapa ekor kelinci? Diantara sekian banyak kelinci Mas/Mbak adakah yg dirasa paling disukai dan tidak disukai? Soalnya, kelinci yg sering kita perhatikan lebih aktif dan senang dengan kita daripada kelinci yg hanya kita beri makan saja..

Untuk obatnya, beri kasih sayang ke setiap kelincinya dengan porsi yg sama :)

Anonim mengatakan...

Saya Adi dari Mojokerto
Mau tanya kepada Pradika Rabbit...
untuk harga kelinci rex anakan, atau lop harganya berapa untuk umur 3Bln??

Mohon di jawab, dan mohon disertakan untuk alamat Pradika Rabbit...



Trims.....

Pradika Clan mengatakan...

Alamat sudah ada dan tercantum di sebelah kanan atas beserta denahnya :)

Dita mengatakan...

Saya Dita dari Tangerang..
Mas Pradika, Kelinci saya tidak mau makan dan lemas sejak temannya mati.. Padahal dulu sangat aktif. Kotorannya lebih besar dari biasanya tapi sangat jarang.. kira-kira kelinci saya kenapa ya?

Pradika Clan mengatakan...

Dita, sudah kami jawab di forum tanya jawab :)

rochman mengatakan...

kelinci saya kok g hamil2 ya,,pdhal udah sya kawinkan beberapa kali....
dan udh saya tunggu beberapa minggu kok g beranak knp ya????
tlong bantuan......
trims

Pradika Clan mengatakan...

Rochman, kalau ada pejantan lain coba diganti dengan pejantan lainnya. Kegemukan juga dapat membuat betina infertil utk sementara waktu. Jika betina terlalu gemuk sebaiknya diturunkan terlebih dahulu, berikan menu hay tiap harinya :)

Anonim mengatakan...

bagaimana cara memandikan kelinci, dan dalam seminggu bisa berapa kali di mandikan? oh ya kak, udah beberapa kali ini kelinciqu di gigit tikus, kira2 apa yang harus saya lakukan,,,,
Nama : MuNiman
Alamat : Gorontalo

Anonim mengatakan...

saya Munifah dari Gorontalo....

makanan apa yang tidak bisa di makan sama kelinci, dan apakah kelinci bisa diberi minuman berupa susu?

Pradika Clan mengatakan...

Muniman, 1 bulan sekali cukup, utk memandikansebaiknya diserahkan langsung kepada orang yang sudah berpengalaman :)
Kelinci digigit tikus? Seperti apa lukanya? Kenapa tidak dilakukan tindakan pencegahan agar kelinci tidak digigit tikus kembali?

Munifah, hindari makanan yang mengandung protein hewan, beracun, kotor dan basi. Kelinci dewasa dan lepas sapih tidak perlu diberi susu :)

Vania's Site mengatakan...

Mohon bantuan nya banget ya..
Kelinci saya sejak tadi siang mendadak gemetaran badannya. Kenapa ya? Mohon sekali bantuan nya..

-Vania. Jakarta-

Pradika Clan mengatakan...

Vania, itu reaksi normal pada kelinci istilahnya panting tujuannya untuk menurunkan atau mengeluarkan panas dalam tubuhnya. Mungkin siang tadi hawa sedang panas-panasnya coba dipindah ke tempat yang lebih sejuk atau teduh :)

Anonim mengatakan...

Nama: rieka
alamat: makassar

sy bru prtama memelihara klinci,, untuk satu pasang klinci usia 2 bulan bgmana wktu pmbrian dan porsi mkan yg baik..?? Makasih

Pradika Clan mengatakan...

Rieka Makassar, Kami biasa memberi kelinci kami dengan Pelet Kelinci sekitar 8-10% dari bobot kelinci pada pagi hari dan sore harinya. Kemudia Hay kurang lebih segenggam saja pada malam harinya :)

misbah's mengatakan...

Mas saya Faiz di Bekasi ,

Mau tanya nih
kelinci saya ada 2 umur 1bulan 10 hari
ko yang 1 ga mau makan Wortel sedangkan yang satunya mau ?

Pradika Clan mengatakan...

mungkin belum terbiasa makan wortel Mas Faiz :)

misbah's mengatakan...

Jika untuk Kelinci 1 bulan
bisa diberi makan apa ya ?

Pradika Clan mengatakan...

Sesuai apa yang biasa diberikan kepada induknya. Kalau blank lebih baik gunakan Alfalfa Hay, lebih aman dan bagus utk pertumbuhannya karena mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan berat badan :)

misbah's mengatakan...

Mas saya Faiz
mau nanya

jika kelinci kembung, bagaimana cara mengatasinya?

Pradika Clan mengatakan...

Faiz, di blog sudah pernah diulas, coba dicari dulu ya.. :)

Anonim mengatakan...

Sya ainun
dr surabaya,

Mas, Alfafa hay i2 bntukx seperti apa & bsa dibeli dmna yaa? Kelinciq telingax kuk 1x ngelembre/turun y mas? T'cek g da yg luka,tp t'pegang anget mas knpa y mas? ? Tl0ng bntuanx

Pradika Clan mengatakan...

Ainun, penampakan Hay dapat Anda lihat di Products & Services dan kami juga menyediakannya. Selama makan dan minum serta kotorannya normal tidak masalah Mbak, kalau ragu datang kesini saja langsung dengan kelincinya :)

Anonim mengatakan...

nama:khrisna
alamat/kota:jakarta

mas kelinci saya kotorannya encer tapi nafsu makan kenapa ya?




tolong di jawab please!!!

Pradika Clan mengatakan...

Khrisna, Banyak sebabnya Mas.. Tidak bisa kami langsung simpulkan hanya dengan sedikit keterangan tersebut :)

Zona Ikan mengatakan...

sebenernya apa saja sih kawan penyakit penyakit pada kelinci itu ? kan biasanya setiap penyakit gejalanya berbeda . maka dari itu saran saya untuk memberikan artikel tentang penyakit kelinci dengan ciri-ciri penyakitnya :)

Pradika Clan mengatakan...

Thx sarannya ;)

Mega mengatakan...

Saya Mega dr Depok.
1. 2 hari yg lalu kelinci saya yg berumur krg lbh 2 bln, tiba2 paginya mati padahal gak sakit dan subuhnya msh bergerak. Sblm mati dia kejang2 & kepalanya miring ke belakang kaku. Penyebabnya apa ya kok bs tiba2 spt itu?
2. Kelinci saya yg lain yg berumur 3,5 bln bbrp hari ini urinnya berwarna keruh dan ukutan pupnya lbh besar dr biasanya. Apa dia sakit atau tdk, pdhl makannya mau & lumayan byk?
3. Kelinci saya yg berumur 4,5 bln hari ini makannya lbh sedikit dr bisanya, lbh byk tidur/diam & sering sekali menjilati tubuhnya. Apa dia sakit atau tdk? Kotorannya pun normal & tdk mencret.
Mohon dibalas pak. Trima kasih.

Pradika Clan mengatakan...

Mega,
1. Wah banyak sebabnya ya, paling sering karena mungkin usianya yang terlalu dini untuk disapih dg induknya atau mungkin nutrisi yg diberikan tidak cukup sehingga imunitasnya buruk
2. Memang dikasih makan apa? Sebaiknya cukup berikan saja Hay dan pelet
3. Nah, itu susah dijawab, kami bukan ahli menerawang. Kalau ragu dg kondisinya segera konsultasikan ke dokter hewan kepercayaannya :)

julian kusuma mengatakan...

julian dari malang
seminggu yang lalu kelinci saya baru aja meninggal, penyebabnya adalah mencret, kelinci saya jenis mini dan umurnya kata penjual 3 bulan, dan padahal kebersihan kandang dan segala macem alat2 makanannya selalu dibersihkan rutin. lalu dari makanan juga diberikan pelet saja secara teratur dan minuman juga diberikan secara teratur dan saya selalu memberikan variasi cemilan berupa rumput. nahh yang mau saya tanyakan
1. sebenernya hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan kelinci terserang penyakit mencret??
2. terus pertolongan pertamanya apa?
3. kalo ke dokter hewan kira2 biayanya berapa ya untuk menyembuhkan kelinci yang mencret?
4. untuk mencegah agar kelinci tidak terserang mencret itu bagaimana?
5. dan apakah kelinci yang berukuran kecil atau ras mini lebih rawan meninggal dibanding ras besar ya?
maaf sekali banyak bertanya min, dikarenakan hanya dalam waktu 5 jam setelah terkena penyakit mencret kelinci saya langsung meninggal. mohon balasannya yaa agar tidak ada korban kelinci mati karena mencret berikutnya :' )

Pradika Clan mengatakan...

Sebaiknya Anda pastikan mengadopsi kelinci dari penjual kelinci yang tepat. Asumsi kami kelinci yang Anda beli masih terlalu kecil dan satu lagi rumput (Hay) bukan sebagai cemilan tapi utama setelah pelet :)

Fetty Mey mengatakan...

Fetty dari surabaya,
Dokter 1 hari yg lalu saya baru saja beli sepasang kelinci, saya kasih makan pelet yg seharga 8rban kata penjualnya khusus kelinci tapi sepasang kelinci saya tidak mau makan. Dan salah satu kelinci saya murung terus, diam tidak aktiv, saya kasih wortel juga tidak mau. Apakah itu tanda2 kelinci sakit?

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas