15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

10.19.2010

MENGAPA KEMBUNG PADA KELINCI SERING TERJADI?

.

MENGAPA KEMBUNG PADA KELINCI SERING TERJADI?



Kembung atau disebut juga dengan Bloat merupakan salah satu penyakit yang sering sekali terjadi pada kelinci. Bahkan pada kembung yang akut(kejadiannya cepat), beresiko merenggut nyawa kelinci dengan cepat bahkan sebelum/tanpa sepengetahuan dari pemiliknya. Sayangnya masih ada pemilik yang kurang aware dengan tanda-tanda maupun penyebab kembung atau bloat pada kelinci.

Sebenarnya jika kelinci dalam kondisi benar-benar sehat, maka tubuh akan menjaga kondisi aktivitas organ-organ sehingga tidak mengalami gangguan. Akan tetapi jika kondisi kelinci menurun lebih mudah terjadinya bloat atau kembung.


Penyebab kembung atau bloat pada kelinci sebenarnya cukup banyak karena bloat adalah kondisi kelinci akibat dari beberapa penyakit diantaranya gangguan saluran pencernaan, mucoid enterophaty, Chronic Inflammatory disease, dilatasi lambung dan obstruksi saluran pencernaan, dll. Selain itu kejadian ini juga sering terjadi karena intake pakan yang kita pilih untuk memenuhi nutrisi kelinci ternyata justru mengakibatkan terbentuknya gas sehingga manifestasi kejadian kembung muncul. Kejadian ini cukup membuat pemilik kelinci khawatir. Namun sebelum hal ini terjadi ada baiknya Anda perlu mengetahui gejala – gejala kembung pada kelinci :
  1. Nafsu makan menurun
  2. Tidak dapat mengeluarkan feces atau kotoran
  3. Kelinci akan menurun kondisi tubuhnya sehingga bisa lemas dan diam
  4. Tampak perut kelinci membesar dan apabila kita tepuk-tepuk peruitnya akan mengeluarkan suara seperti “bung-bung”
Penanganan pada kelinci yang mengalami kembung bergantung pada penyebab dan tingkat keparahan. Namun sebelum diterapi perlu dilakukan pertolongan pertama yang bisa dilakukan pemilik. Hal ini karena angka kematian atau mortalitas kelinci yang menderita kembung sangat tinggi sehingga memerlukan penanganan sempurna. Sebaiknya kelinci yang mengalami kembung dijauhkan dari pakan yang penyebab bloat. Dan untuk penanganan pertama dapat diberikan minyak dengan tujuan menurunkan stabilitas buih sebelum gas di dalam tubuh di buang. Tindakan selanjutnya segera bawa kelinci Anda ke dokter hewan kepercayaan Anda supaya dapat dilakukan penanganan medis yang tepat agar kelinci anda dapat tertolong dan kembali sehat.


3 comments

nn_rabbit mengatakan...

tolong di contohkan pakan yang penyebab bloat, juragan? dan utk penanganan pertama dapat diberikan minyak, minyak apa, juragan? diminumkan atau gimana?
matur nuwun pencerahannya... sukses selalu!!

Pradika Clan mengatakan...

Yang baru kami tahu adalah makanan yang bergetah banyak Gan, ntr coba kami cari informasi lagi ya :)
Minyak goreng gan,diminumkan ke kelincinya..
Trims :)

Anonim mengatakan...

seberapa banyak minyak goreng yang diminumkan pada kelinci...???
mksih sebelum_nya

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas