15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

12.31.2009

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (11, habis)

.
2 komentar

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (11, habis)

Copper (Tembaga)

Selain Kalsium, kelinci juga memiliki kebutuhan nutrisi berupa tembaga. Tembaga ditambahkan dalam wujud sulfat cupric kepada ransum konsentrat dengan takaran 30mg/kg. Tembaga berperan dalam menjaga kelinci dari penyakit entritis

(radang usus dengan pendarahan) dan meningkatkan bobot kelinci. Tidak ada efek toksik dalam pemberian tembaga dalam ransum.

readmore »»

12.28.2009

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (10)

.
2 komentar

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (10)

Calcium (Kalsium)

Kebutuhan nutrisi kelinci berikutnya ialah mineral kalsium. Kelinci memiliki kandungan kalsium yang berbeda dari hewan ternak yang lain.

Plasma kalsium dalam tubuh kelinci tidak dibentuk oleh asupan vitamin D dan hormone paratiroid seperti mamalia lainnya, melainkan bergantung pada asupan kalsium itu sendiri. Terlalu banyak Kalsium dalam tubuh kelinci mengakibatkan gagguan eksresi yang memicu munculnya batu ginjal. Kekurangan kalsium berakibat osteoporosis, gangguan pertumbuhan gigi dan tulang terutama tulang pada bagian punggung. Kelinci membutuhkan kalsium sebesar 510 mg.

readmore »»

12.22.2009

SOSIALISASI KELINCI REX DI ROYAL PLASA SURABAYA

.
0 komentar

SOSIALISASI KELINCI REX DI ROYAL PLASA SURABAYA

Minggu, 20 Desember 2009
Royal Plasa Surabaya


Sosialisasi Kelinci Rex di depan pengunjung Kontes Kucing Agrobis Cup I di Royal Plasa Surabaya oleh drh. Eka dan Pradika Rabbit

Kita semua mengetahui bahwa antusiasme warga Surabaya terhadap kucing sangatlah besar. Namun, bagaimana dengan kelinci?

"Ini jenis kelinci Rex, kelinci ini cocok sekali hidup di kota Surabaya yang panas" Sapa drh. Eka kepada semua pengunjung.

Kelinci Rex, kelinci asal Perancis ini memang cocok untuk tinggal di daerah panas seperti Surabaya.
Memelihara kelinci jenis Rex tidak memerlukan perhatian khusus seperti penyisiran bulu setiap harinya dan lain sebagainya. Kelinci dengan bulu tebal dan pendek ini memiliki ketahan stres yang cukup baik sehingga kelinci rex sangat mudah beradaptasi dari lingkungannya. Kelinci yang juga memiliki bulu lembut ini memiliki tempramen yang jinak dan manja. Mereka sangat senang jika dibelai, digendong dan bahkan sampai tertidur di gendongan kita.




Foto lokasi stan (kiri) dan foto bersama drh.Eka pemilik Sehat Klinik Hewan


readmore »»

12.21.2009

KELINCI REX, KELINCI ISTIMEWA ASAL PERANCIS

.
0 komentar

KELINCI REX, KELINCI ISTIMEWA ASAL PERANCIS

Apa sih Kelinci Rex itu?

Kelinci Rex pertama kali ditemukan di Perancis pada tahun 1919 oleh petani setempat dan kemudian mulai dikenal dan mulai dikembangkan pada tahun 1924 di Paris, Perancis. Kelinci Rex memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis – jenis kelinci lainnya. Jika kita mengenal kelinci angora sebagai kelinci dengan jenis berbulu panjang dan kelinci fuzzy lop dengan telinganya yang turun (terkulai), maka kelinci rex memiliki bulu yang tebal namun pendek dan rapat sehingga siapa pun yang menyentuhnya akan takjub oleh kehalusan dan kelembutan bulunya. Bulu istimewa kelinci rex ini memiliki tebal sekitar 1,3 – 2,2cm dan memiliki karakteristik halus dan lembut seperti beludru atau karpet. Oleh sebab itu banyak dari kita sering mendengar istilah kelinci karpet yang ternyata tidak lain adalah Kelinci Rex. Bukan hanya itu saja, kelinci rex juga memiliki keunikan lain, yaitu bulu kumis yang keriting. Karakteristik inilah yang membedakan kelinci jenis rex dengan jenis yang lain.


Apa saja Warna Bulu Kelinci Rex?

Warna bulu kelinci Rex menurut standart ARBA memiliki 4 kategori warna Solid, Broken, Otter dan Agouti. Sedangkan di Indonesia warna bulu rex ada yang bermotif totol, harlequin dan tricolor atau putih (tidak polos)

Bagaimana Memilih Kelinci Rex yang Sehat?


Kelinci Rex ialah kelinci dengan ukuran sedang (medium size) yaitu memiliki bobot sekitar sekitar 2 – 3kg. Maka, kelinci yang sehat tentunya memiliki proporsi bobot tubuh yang sesuai dengan jenisnya. Kelinci Rex yang sehat ialah kelinci yang aktif, suka berlari, melompat, dan memiliki nafsu makan yang baik serta sorot mata yang cerah/bersinar, secara fisik memiliki tubuh yang kokoh, kaki belakang yang kuat dan nampak proporsional.

Selain Bulu yang Istimewa, Apa Kelebihan Kelinci Rex?

Kelinci Rex diklaim oleh ARBA (Organisasi Kelinci Amerika) memiliki tingkat inteligensi yang lebih tinggi daripada jenis yang lain dengan kata lain kelinci rex merupakan kelinci yang cerdas. Kelinci ini sangat suka berdekatan dengan manusia terutama orang yang sering memberi makan serta perhatian padanya. Ia sangat suka menunjukkan kehebatannya dalam melompat, berguling, berdiri dengan waktu yang lama dan makan dengan sangat cepat sehingga sangat menghibur sekali. Ada keistimewaan lain yang sangat luar biasa, selain kita bisa memanggilnya dengan nama yang kita berikan, kelinci rex juga mampu untuk diajarkan toilet training, yaitu perilaku membuang kotoran pada kotak yang telah disediakan. Jadi anda tidak perlu takut kelinci anda akan mengotori rumah anda.

readmore »»

12.19.2009

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (9)

.
0 komentar

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (9)

Vitamin E

Kebutuhan nutrisi kelinci terhadap Vitamin E yang ditambahkan dalam pellet mencapai takaran 50mg/kg.

Kekurangan vitamin E mengakibatkan menurunya kesuburan, gangguan muscular dystrophy dan kelumpuhan kaki belakang pada kelinci muda. Gejala tersebut biasa tampak pada kelinci yang defisit vitamin E sebesar 16mg/kg dalam ransumnya.

readmore »»

12.12.2009

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (8)

.
0 komentar

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (8)

Vitamin D

Kebutuhan nutrisi kelinci akan Vitamin D sekitar 900 iu/kg. Vitamin D biasanya ditambahkan dalam konsentrat. Asupan vitamin D yang berlebih dapat menyebabkan


berlebihnya penyerapan kalsium dalam tubuh dan mengakibatkan pengerasan pembuluh darah aortic dan merusak ginjal kelinci (pada tingkat 2300 iu/kg dari ransum).

readmore »»

12.09.2009

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (7)

.
3 komentar

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (7)

Vitamin C

Kebutuhan nutrisi kelinci akan vitamin C sama pentingnya dengan kebutuhan vitamin C pada manusia. Kelinci membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 50±100 mg/kg setiap harinya.

Vitamin C selain menjaga kondisi tubuh kelinci juga menjaga kelinci dari gangguan pernafasan serta mencegah terjadinya enterotoxaemia dan menghambat produksi racun dalam tubuh. Anda tak perlu cemas jika terjadi kelebihan asupan vitamin C, karena vitamin C yang berlebih di dalam tubuh kelinci akan dikeluarkan melalui urin kelinci.

readmore »»

12.07.2009

JUAL MURAH TEMPAT PAKAN KELINCI

.
4 komentar

JUAL MURAH TEMPAT PAKAN KELINCI





 Tempat Pakan khusus untuk kelinci, memiliki keunggulan anti pecah, kuat terutama dari gigitan kelinci, tidak mudah tumpah dan mudah dalam pembersihannya. SOLD OUT !!
kontak kami pradikarabbit@yahoo.com

readmore »»

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (6)

.
0 komentar

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (6)

Vitamin A

Kebutuhan nutrisi kelinci akan Vitamin A yang biasanya ditambahkan pada konsentrat (pellet) ialah rata- rata 10.000 iu/kg. Kekurangan vitamin A...



Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan ketidaksuburan / kemandulan, Abortus (keguguran), resorption dan meningkatkan neonatal mortality (kematian saat melahirkan). Kekurangan atau kelebihan Vitamin A juga mengakibatkan hydrocephalus. Rumput seperti rumput Alfalfa dan wortel memiliki kandungan vitamin A yang kaya.

readmore »»

12.03.2009

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (5)

.
11 komentar

KEBUTUHAN NUTRISI KELINCI (5)

Vitamin dan Mineral

Kebutuhan nutrisi kelinci juga meliputi vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral merupakan zat yang penting bagi tubuh maklhluk hidup, vitamin dan mineral sama – sama tidak dapat diperoleh dari dalam tubuhn Tetapi kelinci memperoleh vitamin dan mineral melalui makanannya.



Vitamin terbentuk selama proses pencernaan mikroflora (fermentasi) di dalam usus terbentuk sintesis vitamin B, C, dan K. Vitamin tersebut kemudian dikeluarkan dalam feses caecotrophy dan dikonsumsi kembali oleh kelinci. Sedangkan vitamin A, D, dan E biasanya terkandung dalam konsentrat atau pellet. Namun sebaiknya pellet tidak disimpan dalam waktu yang lama karena vitamin yang terkandung dalam pellet semakin lama semakin berkurang dan menurun kualitasnya.

readmore »»

12.01.2009

TENTANG KAMI

.
262 komentar

PRADIKA RABBIT
Pet Shop - Pet Care - Pet Vet

Selamat datang di blog kami,
Kami menyediakan segala keperluan hewan kesayangan Anda layaknya Pet Shop pada umumnya, dengan beberapa aitem produk khusus yang hanya tersedia disini. Tak hanya Pet Shop, Kami juga menerima Jasa Perawatan Hewan kesayangan Anda (Pet Care), baik itu Kelinci atau pun Kucing antara lain Jasa Penitipan Sehat dan Jasa Perawatan Hewan dan Grooming. Terpenting dari semuanya adalah Kami melayani Jasa Kesehatan (Pet Vet). Sebagai Dokter Hewan, Kami siap membantu dan memberi solusi untuk hewan kesayangan Anda disaat sakit atau memerlukan penanganan khusus.

Kami satu-satunya tempat pusat breeding kelinci hias terpercaya di Surabaya yang menyediakan berbagai macam Ras Kelinci purebreed. Ras tersebut antara lain Rex, Reza, Holland Lop, English Angora dan Nedherland Dwarf. Selain Kelinci kami juga menyediakan Kucing siap adopsi hasil dari breeding kami sendiri yang tentunya terjamin kesehatannya.

Kami siap melayani penjualan hewan dan kebutuhan hewan kesayangan Anda baik dengan layanan pesan-antar dalam kota maupun luar kota dan dalam jumlah besar atau pun kecil. Untuk menjaga kepuasan Anda dalam pembelian barang, baik itu kelinci dan perlengkapannya kami menyarankan anda untuk datang langsung ke Karah Agung III no.14-16 Surabaya jika memungkinkan.

Kami juga membuka wadah bagi Anda untuk bertanya seputar kelinci baik itu perawatan, pemeliharaan, penjualan maupun tips - tips mengenai hewan kesayangan Anda. Sebelumnya, jangan lupa untuk mencantumkan nama dan domilisi tinggal Anda agar kami mudah dalam berkomunikasi dan menjawab pertanyaan anda. Anda dapat meninggalkan pertanyaan anda di kotak komentar di bawah ini.

Kami siap memberikan Anda pelayanan terbaik  :)

Lokasi kami: Jl. Karah Agung III no.14-16 Surabaya (dekat kantor jawa pos lama/percetakan dan Madu Pramuka)  
Hubungi Kami Email/YM : pradikarabbit@yahoo.com - drh. Nimas 08993976606 - Dika 08993323522
*Format sms: Nama (spasi) lokasi tinggal (spasi) isi sms  
 *OPEN HOURS Senin- Jumat 11.00 - 17.00, Sabtu 10.00 WIB - 17.00 WIB --- Minggu 13.00 - 17.00 WIB. Selain Jam tersebut harap hubungi kami terlebih dahulu

HARAP HUBUNGI KAMI DAHULU SEBELUM KE LOKASI YA TEMEN-TEMEN ^^
Denah Kami (1) Denah Kami (2) Denah by google Maps

readmore »»
 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas