15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

4.15.2010

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (3)

.

MENGENAL TINGKAH LAKU KELINCI YUK !! (3)

Chinning
Setelah mengetahui salah satu sifat kelinci yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, masih ada banyak lagi perilaku – perilaku kelinci yang sering membuat kita bingung (kadang juga menggemaskan). Dalam posting ini kami akan menjelaskan perilaku kelinci yang unik dan lucu yaitu Chinning. Apakah itu Chinning? Chinning adalah perilaku kelinci menggosok – gosokkan dagunya pada sesuatu (barang) asing yang baru mereka temui. Apa ya maksud dibalik perilaku tersebut?


Chinning adalah salah satu bentuk perilaku kelinci untuk menandai wilayah teritorial mereka. Kelinci sangat menjaga daerah teritorialnya dan perilaku ini juga menandakan bahwa siapa yang berkuasa atas wilayah tersebut. Jika dalam alam liar, kelinci yang dominan dalam lingkungan teritorial tersebut berhak atas makanan dan tempat berlindung (liang) terbaik, sedangkan minoritas harus menerima apa yang dilakukan oleh kaum dominan (mereka bahkan bisa kelaparan).

Jika di dalam rumah, mereka biasanya menandai atau Chinning pada perabot – perabot rumah anda, tempat makanan, minum, kandang bahkan anda. Perilaku ini berlaku untuk kedua jenis kelamin. Dengan menandai wilayah mereka dengan chinning, kelinci akan lebih merasa nyaman dan aman tinggal di rumah anda. Berbeda dengan spraying (perilaku kelinci yang menyemprotkan urine pada lingkungan sekitar), chinning tidak meninggalkan noda dan bau yang mengganggu kita, hanya kelinci saja yang dapat merasakan bau tersebut.

4 comments

Anonim mengatakan...

Nama rima: apa kelinci yang baru pertama kali di rawat dirumah akan pipis disembarang tempat? Apa kelinci suka makan kabel2 gitu?aman tidak kelinci dibiarkan berkeliaran dikamar kita sehari-hari?

Pradika Clan mengatakan...

Halo Rima..
Untuk pertanyaan pertama ada kemungkinan besar iya. Namun biasanya kelinci hanya buang kotoran disatu tempat. Nah supaya ndak buang kotoran dimana-mana, tips saya taruh dahulu kelinci di dalam kandang selama seminggu, kemudian baru dikeluarkan. Besar kemungkinan dia akan buang kotoran hanya dikandang.

Kelinci suka memakan apa saja, nah untuk itu harus dilakukan tindakan pencegahan..
jangan sampai kelinci mendekati tempat2 bahaya spt colokan listrik, kabel dengan aliran listrik,dsb..

Aman yang dimaksud anda bagaimana?
Kalau memang di dalam kamar tidak ada predator tau pemangsa kelinci ya ndak masalah..
Konsekuensinya hanya harus sering2 saja kamar Mbak dibersihkan,hehehee...

Karena sirkulasi udaranya akan menjadi 1 dengan kamar Mbak, kalau kotor anda juga ikut sakit..

ehm jii mengatakan...

kelici aku pertama masuk ke rumah, langsung pipis di sudut pintu..
samapi seterusnya, tempatnya disudut pintu.
emank bener'' bandel, tapi ngegemesin

Pradika Clan mengatakan...

@ehm jii, Hehhee... ya begitulah Mas hewan kecil yang lucu ini :)
Semoga semakin sayang dan sehat ya kelincinya :)

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas