15 Alasan Harus ke PRADIKA RABBIT

Posting Populer

1.27.2010

TOILET TRAINING PADA KELINCI

.

TOILET TRAINING PADA KELINCI



Disamping kita memperhatikan asupan nutrisi dan kebutuhan kelinci seperti perhatian dan kasih sayang, kebersihan kelinci juga merupakan hal yang sangat penting dan bahkan paling utama. Kebersihan tidak hanya menjamin kesehatan kelinci namun juga kita sebagai pemilik. Kelinci seperti yang kita ketahui sangat senang sekali makan, so pasti 'pengeluaran'nya juga banyak. Bagi anda yang memelihara kelinci dengan tanpa kandang atau di dalam rumah, Pradika Rabbit memiliki tips yang mungkin bisa membantu permasalahah kotaoran kelinci dan mengatasinya.


Sebelum memulai melakukan tips kami, mari kita persiapkan peralatan yang dibutuhkan.:

1. Kotak Kotoran, lebih baik berbahan dasar plastik dan ukuran sesuai dengan kelinci.


Kotak kotoran kelinci (kiri), Jika tersedia gunakan kotak kotoran yang memiliki penyaring,
karena lebih mudah membersihkannya (kanan)

2. Pasir atau Serbuk Kayu, gunakan bahan yang mampu menyerap air,mengingat urin kelinci berbau menyengat. (pasir dapat menggunakan pasir untuk hamster atau kucing).


Zeolit (pasir untuk kucing) dan Serbuk Kayu


Setelah memiliki peralatan yang dibutuhkan, persiapkan mental dan pikiran serta tenaga anda, karena pelatihan toilet training pada kelinci membutuhkan ketelatenan dan kekonsitenan. Adapun langkah - langkahnya yaitu :
  1. Batasi ruang gerak kelinci anda, bisa dimasukkan kandang atau diberi pembatas kira - kira2 1 x 1 meter tergantung jenis kelinci anda.
  2. Biarkan kelinci anda di ruang terbatas tersebut sampai membuang kotoran atau urinnya.
  3. Bersihkan bekas kotoran kelinci dengan larutan cuka, dan letakkan kotak kotoran yang telah disiapkan (mungkin kelinci anda tidak langsung membuang kotoran di kotak, namun bersabarlah karena kita baru memulai).
  4. Jika kelinci anda membuang kotoran di lokasi lain maka cobalah bersabar sampai ia benar - benar membuang kotoran di tempat yang sama, setelah itu letakkan kotak kotorannya.
  5. Setelah kelinci membuang ditempat yang telah kita siapkan, beri kelinci kita ruang gerak yang lebih luas.
  6. Tetap perhatikan kelinci anda, jika kelinci mulai ada tanda - tanda untuk membuang kotorannya (biasanya kelinci mengangkat ekornya) segera gendong dan masukkan kelinci di kotak yang telah disediakan (butuh banyak perulangan).
  7. Setelah dirasa kelinci mampu untuk membuang kotorannya dengan tepat, berikan dia hadiah setiap kali ia mampu melakukan tugasnya dengan benar, hadiah bisa berupa makanan kesukaan atau mainan kesukaannya.
  8. Setelah kita yakin kelinci kesayangan kita mampu untuk membuang kotorannya pada tempatnya perlebar lagi ruang gerak kelinci anda,demikian seterusnya*.
*Anda dapat menempatkan kotak kotoran kelinci lebih dari satu jika ruangan anda luas, letakkan pada tempat - tempat biasanya ia membuang kotorannya, misal dipojok ruangan, samping lemari,dll.
*Agar kelinci anda tidak membuang kotorannya sembarangan, bersihkan bekas kotoran kelinci dengan larutan cuka.

11 comments

belanja-kelinci mengatakan...

bgus jga tuh idenya, kelinci bisa teratur jga BAB nya kyak kucing,
hehehe
hidup kelinci mania

anton mengatakan...

ijin mas,,,saya kopi paste ke blog saya ya
makasih

Anonim mengatakan...

Mohon tnya apakah susah merawat kelinci jenis hoop??..brp hrga dan ukurannya.Makasih...eko

Pradika Clan mengatakan...

@Eko, Maksudnya kelinci Lop ya? Semua kelinci perawatannya sama saja. Hanya kalau bulu panjang harus rajin disisir supaya rapi dan cantik..

Ilham Gresnaidi mengatakan...

Kalo dulu aku dikasih alas jeruji sama alas datar, dibawah alas jeruji ada box... mereka kok bisa tahu kalo litter disana aja ya? :D

Pradika Clan mengatakan...

Ilham, mungkin dia merasa nyaman untuk buang hajat disana :)
Tp syukur deh klo dia bisa cepet belajar dan paham litter trainnnya :)

awin mengatakan...

larutan cuka yang dimaksud seperti apa gan? apakah air biasa dicampur cuka? kalo boleh dijelaskan fungsi cuka tuh buat apa? thanks

Pradika Clan mengatakan...

Awin, boleh lgs diteteskan atau dicampur air. Fungsi utk menghilangkan bekas bau agar kelinci tidak membuang kotoran ditempat itu kembali

awin mengatakan...

ooh begitu.. si ebit (kelinci saya) kalo ruangnya dibatasi Alhamdulillah sudah mau pipis di tempatnya, tapi kalo pembatasnya dilepas udah lupa lagi dia.. tapi untuk buang fasesnya koq belum ada perkembangan sma sekali ya?? mungkin butuh banget kesabaran, maklum pemula :D...anyway thanks u/ tutorial dan responnya..

Pradika Clan mengatakan...

Awin, Iya Mas. Harus sabar :) | Ada kelinci yang cepat belajar dan lama untuk belajar, hehhee...
Thx ya :)

nelly safitri mengatakan...

Alas pasir yg baik untuk kelinci apa yah ? Jika jawaban zeloit.. apakah zeloit pasir kuncing bagus untuk kelinci ? Karena saya baca beberapa artikel kalo pasir kelinci tidak bagus untuk kelinci . . Maaf masih pemula

 

PETERNAKAN KELINCI SURABAYA PRADIKA RABBIT

Tempatnya Hobiis, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas